Jumat 23 Sep 2022 22:14 WIB

Wagub Jabar Datangi Warga Garut yang Rumahnya Dirobohkan Rentenir

Sang rentenir telah menjual rumah Undang seharga Rp 20,5 juta kepada pihak lainnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, meninjau kondisi terkini rumah warga Desa Cipicung, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jumat (23/9/2022). Sebelumnya, rumah warga itu dirobohkan oleh rentenir akibat tak bisa membayar utang.
Foto:

Menurutnya, warga yang meminjam uang ke rentenir bukan mendapat pertolongan, melainkan justru mengalami kesusahan.  "Tadi saya juga sempat ngobrol dengan ibu-ibu lainnya. Katanya dengan pinjam uang ke situ (rentenir) bukan malah maju warungnya, tapi malah bangkrut," katanya. 

Saat ini, kata dia, Pemprov Jabar telah memiliki Program Kredit Mesra yang dirancang agar masyarakat terhindar dari jerat rentenir. Program Kredit Mesra dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai fasilitas pinjaman bagi pelaku usaha mikro perorangan yang belum memperoleh akses perbankan dengan plafon maksimal Rp 5 juta. 

Keunggulan Produk Kredit Mesra adalah bunga nol persen, tanpa agunan, serta bebas biaya provinsi. "Oleh karena itu saya berharap masyarakat menyadari untuk pinjam uang ke produk BJB Kredit Mesra. Mudah-mudahan program Pak Gubernur ini bisa menjadi solusi," kata Uu. 

Menurutnya, peminjaman uang dengan kredit Mesra prosesnya tidak terlalu lama. Yakni dalam waktu enam hari atau sekitar seminggu, masyarakat sudah bisa memperoleh pinjaman. 

Ketika berbincang dengan Pak Uu, Undang mengungkap ingin tempat tinggalnya dengan luas lahan 92 meter persegi dapat kembali berdiri untuk ia tinggali bersama keluarga. "Hoyong na mah, sae deui Pak (Inginnya bagus lagi Pak, Red)," kata Undang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement