Selasa 20 Sep 2022 06:34 WIB

Pelabuhan Benoa Kembali Layani Kapal Pesiar

Kapal pesiar Laperouse akan sandar di Pelabuhan Benoa selama dua hari.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Kapal pesiar (ilustrasi)
Foto: alarabiya
Kapal pesiar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perdana sejak Pandemi, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui Pelindo Regional 3 kembali melayani proses sandar kapal pesiar. Kapal tersebut berasal dadi Australia bernama Laperouse di Pelabuhan Benoa, Bali pada Senin (19//9/2022) yangbmembawa sekitar 250 orang wisatawan asing beserta kru. 

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya sengaja mempersiapkan rangkaian kegiatan penyambutan para wisatawan asing ini. Mengingat kunjungan kapal pesiar kali ini cukup istimewa karena merupakan kunjungan kapal pesiar perdana di Indonesia pasca pandemi.  

Baca Juga

"Kita semua tahu jika pandemi ini memberikan dampak yang luar biasa kepada semua aspek salah satunya pariwisata, dan kini setelah hampir dua tahun kami terpaksa harus menutup diri kini yang kami tunggu telah datang ini tentunya menjadi kabar baik untuk kita semua," kata Ardhy dalam pernyataan tertulisnya, Senin (19/9/2022). 

Ardhy menjelaskan, selama ini pihaknya juga telah bekerja keras dengan berbagai pihak untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk menyiapkan seluruh pelabuhan di wilayahnya agar siap untuk disinggahi kapal pesiar.  Dia berharap nantinya dapat membangkitkan ekonomi nasional melalui kunjungan wisatawan dengan memberikan tempat untuk UMKM binaan Pelindo memamerkan produk unggulan mereka saat ada kunjungan kapal pesiar.

 

"Jeda waktu yang ada ini kami gunakan semaksimal mungkin untuk memastikan seluruh pelabuhan kami siap disinggahi kapal pesiar, sekaligus sebagai gerbang wisata jalur laut. Terutama dari sisi layanan, fasilitas dan juga protokol kesehatan," ujar Ardhy. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Bali Tjok Bagus Pemayun mengapresiasi kesiapan Pelindo dalam menyambut kedatangan kapal pesiar perdana tersebut. Menurut Bagus, hal tersebut bisa menjadi momentum yang baik untuk menyambut kedatangan kapal pesiar yang lain kedepannya. Terlebih kedatangan kapal pesiar akan memberikan perputaran ekonomi yang cukup besar bagi Bali. 

"Pelindo sudah melakukan persiapan dan pelayanan yang cukup baik dalam menyambut kedatangan kapal pesiar perdana ini, semoga bisa berlanjut pada kedatangan kapal pesiar berikutnya dan menggerakan ekonomi wisata Indonesia khususnya di Bali," ujar Bagus. 

Sementara itu Kapten kapal pesiar MV Laperouse, Provost Ludovic Theophile Jose mengatakan dirinya sangat terkesan dengan penyambutan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya Pelindo. Hal  tersebut yang membuat dirinya selalu ingin berkunjung ke Indonesia.

"Kami telah berkunjung kebeberapa tempat di dunia ini, dan Indonesia selalu menjadi tujuan favorit kami," ujar Jose. 

Kapal pesiar Laperouse asal Autralia tersebut rencananya akan sandar di Pelabuhan Benoa selama dua hari. Kemudian melanjutkan perjalanan dan sandar kesejumlah pelabuhan di Indonesia seperti Probolinggo dan Tanjung Emas Semarang. 

Tidak hanya kapal pesiar Laperouse, rencananya pada tahun ini, Pelindo Regional 3 akan mendapatkan kunjungan kapal sebanyak 40 kapal pesiar. Selain itu juga 127 kapal pesiar pada 2023.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement