Kamis 15 Sep 2022 05:30 WIB

Cianjur Bangun Jalan Sepanjang 15 Km untuk Dukung Jalur Puncak II

Pembangunan jalur Puncak II sebagai solusi macet di jalur utama Puncak

Red: Nur Aini
Kepadatan kendaraan wisatawan di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ilustrasi. Pemkab Cianjur, Jawa Barat, bangun jalan sepanjang 15 kilometer dengan sistem betonisasi untuk mendukung pembangunan jalur Puncak II.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Kepadatan kendaraan wisatawan di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ilustrasi. Pemkab Cianjur, Jawa Barat, bangun jalan sepanjang 15 kilometer dengan sistem betonisasi untuk mendukung pembangunan jalur Puncak II.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, bangun jalan sepanjang 15 kilometer dengan sistem betonisasi untuk mendukung pembangunan jalur Puncak II. Pembangunan itu sebagai solusi macet di jalur utama Puncak serta sebagai upaya percepatan pemulihan perekonomian di wilayah Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu (14/9/2022), mengatakan pembangunan jalur Puncak II yang masuk dalam wilayah Cianjur, sudah dilakukan perbaikan dengan cara betonisasi dengan anggaran dari APBD tahun 2021, tetapi belum bisa dilanjutkan karena keterbatasan anggaran 2022.

Baca Juga

"Kami berharap perbaikan yang dilakukan dapat ditunjang dari dana alokasi khusus dari pemerintah pusat, sehingga perjalanan wisatawan dari luar kota seperti Jabodetabek tidak terhambat karena tingginya volume kendaraan di jalur utama Puncak terutama saat akhir pekan," katanya.

Setelah pandemi mulai berkurang, tutur Herman, obyek wisata alam di Cianjur, menjadi tujuan favorit warga dari luar kota. Namun sebagian besar mengeluh jarak tempuh yang lama karena terjebak macet di jalur utama Puncak terutama saat akhir pekan dan libur panjang.

 

Selama ini untuk menghindari terjebak macet berjam-jam di jalur Puncak, pengguna jalan banyak menggunakan jalur alternatif Puncak II meski landasan jalannya sebagian besar dalam kondisi rusak dan berbatu. Hal itu termasuk pelaku usaha di kawasan Cipanas-Pacet banyak menggunakan jalur tersebut.

"Kalau sudah terealisasi roda perekonomian tidak akan terhambat karena pengguna jalan memiliki alternatif cepat untuk sampai ke kawasan Puncak-Cianjur, termasuk suplai sayur mayur dan bunga potong dapat dengan cepat sampai ke pemesan di Jabodetabek," katanya.

Pelaku pariwisata di Cianjur, berharap jalur Puncak II dapat terealisasi karena merupakan solusi satu-satunya macet di jalur Puncak, selama ini angka kunjungan berkurang karena wisatawan membutuhkan waktu lama untuk sampai termasuk terjebak dalam sistem buka tutup jalur Puncak.

"Saat ini meski belum dibangun, namun sudah ditunjang dengan jalan kabupaten yang sudah dibangun Pemkab Cianjur, semoga saja dalam waktu dekat dapat dilanjutkan pemerintah pusat, sehingga ada solusi atau pilihan bagi wisatawan untuk sampai ke Puncak-Cianjur dengan cepat," kata pelaku pariwisata di Cipanas, Sobur.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement