Jumat 02 Sep 2022 13:29 WIB

Kunjungannya Disambut Antusias Warga, Jokowi: Masyarakat Ingin Ketemu Pemimpinnya

Kunjungan terakhir Presiden ke Tanimbar adalah Presiden Soekarno tahun 1958.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden Joko Widodo menyapa relawan saat menghadiri Konser Satu Komando Sapu Lidi di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (21/8/2022). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Presiden Joko Widodo menyapa relawan saat menghadiri Konser Satu Komando Sapu Lidi di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (21/8/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi mengunjungi Pasar Olilit di Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (2/9/2022). Menjelang tiba di pasar, ribuan warga menyambut kedatangan Jokowi dan Iriana.

Sebelum memasuki pasar, keduanya pun menyapa, berfoto, membagikan kaos, buku, dan masker kepada warga. Menanggapi antusiasme masyarakat menyambut kehadirannya, Jokowi menilai karena sudah lama daerah ini tak dikunjungi oleh pemimpin.

Baca Juga

"Ya ini mungkin sudah lama sekali di Saumlaki, di Kepulauan Tanimbar ini tidak pernah dikunjungi dari Jakarta dan ini adalah sudah yang lebih dari 50 tahun. Sehingga kalau masyarakat begitu sangat antusias, ya karena mereka mungkin pingin ketemu dengan pemimpinnya," ujar dia kepada wartawan, Jumat (2/9/2022).

Sementara itu, Pj Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Indey menjelaskan, Presiden Republik Indonesia terakhir mengunjungi Kepulauan Tanimbar adalah Presiden Soekarno pada 1958. “Tentunya masyarakat bergembira, senang, dan antusias menyambut Presiden Jokowi, mengingat kunjungan terakhir Presiden ke Tanimbar adalah Presiden Soekarno tahun 1958,” kata Daniel.

Dikutip dari siaran pers Istana Presiden, warga sangat antusias menyambut kunjungan Jokowi dan Iriana ini. Mereka pun memanggil nama Jokowi berkali-kali. “Pak Jokowi… Pak Jokowi,” teriak warga. Jokowi dan Iriana membalasnya dengan melambaikan tangan dan senyuman.

Dalam kunjungannya ini, Jokowi menyapa para pedagang pasar dan mengingatkan agar bantuan langsung tunai (BLT) yang diterima digunakan untuk menambah modal usaha. “Untuk pedagang kaki lima, untuk pedagang-pedagang pasar yang kita harapkan dengan modal kerja yang lebih baik dan omset dagangannya meningkat,” ujar Jokowi.

Dari Pasar Olilit, Jokowi dan Iriana melanjutkan perjalanan menuju kantor pos. Namun karena banyaknya warga yang menyambut Presiden, jarak 1,3 km ditempuh dalam waktu 30 menit.

Turut hadir mendampingi Jokowi dan Iriana, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. Selain itu tampak juga hadir Gubernur Maluku Murad Ismail beserta istri, Pangdam XVI Pattimura Mayor Jenderal TNI Ruruh Aris Setyawibawa, serta Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement