Senin 29 Aug 2022 10:59 WIB

Kebakaran Hanguskan 40 Rumah di Permukiman Padat Penduduk di Cakung

Kerugian materi akibat musibah kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp 600 juta.

Suasana kebakaran yang menghanguskan pabrik mebel daerah Cakung, Jakarta Timur, Ahad (9/8/2020). (Ilustrasi)
Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA
Suasana kebakaran yang menghanguskan pabrik mebel daerah Cakung, Jakarta Timur, Ahad (9/8/2020). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kebakaran menghanguskan 40 rumah di permukiman padat penduduk Jalan Swadaya RT 13/2, Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Kebakaran terjadi pada Senin sekitar pukul 03.24 WIB.

Kasi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan penyebab musibah kebakaran itu diduga akibat korsleting listrik dari salah satu rumah warga.

Baca Juga

"Salah satu warga ketika sedang tidur lalu melihat api di bagian tengah, dan sudah membesar," kata Gatot Sulaeman di Jakarta, Senin (29/8/2022).

Gatot menambahkan pihaknya mengerahkan sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dengan total 80 personel untuk memadamkan api tersebut. "Kami agak kesulitan menjangkau lokasi karena banyak mobil parkir di jalan, kemudian sumber air juga jauh," ucap Gatot.

Gatot mengatakan pihaknya kemudian berkoordinasi dengan pabrik-pabrik yang berada di sekitar permukiman untuk mendapatkan akses air guna memadamkan api. Api dapat dilokalisir oleh personel Sudin Gulkarmat Jakarta Timur setelah berjuang selama satu jam memadamkan si jago merah tersebut.

Setelah dilakukan pendinginan, proses pemadaman api dinyatakan selesai pada pukul 07.15 WIB.

Gatot mengatakan tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam musibah kebakaran tersebut. Namun sebanyak 35 kepala keluarga atau sekitar 105 jiwa kehilangan tempat tinggal. Tak hanya itu, kerugian materi akibat musibah kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp 600 juta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement