Sabtu 09 Jul 2022 19:43 WIB

Mapala Dirandra Universitas BSI Jadi Wadah Kegiatan Positif Mahasiswa

Mapala Dirandra yang sempat vakum karena pandemi kini kembali berkegiatan

Mapala Dirandra mengumpulkan mahasiswa dan mahasiswi Universitas BSI kampus Pontianak yang menyukai alam.
Foto: UBSI
Mapala Dirandra mengumpulkan mahasiswa dan mahasiswi Universitas BSI kampus Pontianak yang menyukai alam.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan sebuah forum kegiatan mahasiswa yang berfokus pada pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Tak jarang kampus memiliki UKM yang beragam untuk menampung aneka hobi mahasiswa. Berkegiatan di UKM juga menjadi kegiatan tambahan yang positif untuk pengembangan minat dan hobi mahasiswa.

Di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak terdapat beberapa UKM aktif yang sudah tercatat secara resmi. Salah satunya UKM Pecinta Alam atau biasa disebut Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) Dirandra.

Baca Juga

Mapala Dirandra mengumpulkan mahasiswa dan mahasiswi Universitas BSI kampus Pontianak yang menyukai alam serta kerelawanan untuk menjaga kelestarian alam, khususnya di Kalimantan Barat. Dua tahun terakhir selama masa pandemi, Mapala Dirandra terpaksa tidak terlalu aktif karena aturan pembatasan mobilitas di luar ruangan.

Kini, Dirandra sudah mulai aktif kembali dan mengikuti beberapa kegiatan. Kali ini Mapala Dirandra menghadiri kegiatan HUT Mapala salah satu kampus di Pontianak. Kegiatan yang juga megundang seluruh Mapala yang ada di kampus sekota Pontianak diisi dengan penanaman pohon di Desa Simpang Kasturi, Kecamatan Mandor, Kalimantan Barat pada Kamis (30/6/2022).

Mapal Dirandra juga menghadiri sosialisasi yang diadakan oleh Komando Daerah Militer XII Tanjung Pura yang berlangsung di Aula Kodim 1207 Pontianak di hari yang sama. Acara itu dihadiri oleh organisasi mahasiswa dari berbagai kampus di Pontianak.

Ketua Mapala Dirandra, Eusebia, mengatakan setelah pandemi Covid-19 mereda, cukup banyak kegiatan yang sudah dilakukan. “Sebelumnya kami sudah melaksanakan diksar (pendidikan dasar) dan membersihkan bukit dari sampah. Saat ini ada beberapa instansi maupun rekan pecinta alam yang mengundang kami di kegiatan mereka,” ujar Eusebia.

Ia mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan. Eusebia berharap keadaan akan secepatnya normal sepenuhnya agar Mapala Universitas BSI kampus Pontianak dapat eksis dan terus berkarya. “Tidak hanya di kampus saja melainkan juga di luar kampus mengingat banyak minat mahasiswa pecinta alam. Namun memang kondisi sekarang baru stabil,” katanya. 

Kesempatan ini juga tentunya tidak disia-siakan. Mereka membagi tugas untuk menghadiri dan ikut serta dalam berbagai kegiatan.

Koordinator Kemahasiswaan Universitas BSI kampus Pontianak Yoki Firmansyah mengatakan kampus mendukung seluruh kegiatan mahasiswanya. Namun ada prosedur dan aturan yang masih berlaku dan harus diikuti oleh mahasiswa baik umum maupun mahasiswa yang terlibat di organisasi.

“Kegiatan Mapala Dirandra sangat bagus untuk meningkatkan eksistensi dan pengembangan minat mahasiswa terutama di bidang kecintaan alam. Semoga Dirandra mampu untuk terus eksis dan dapat berkarya dengan membuat dan mengikuti kegiatan positif,” ungkap Yoki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement