Jumat 08 Jul 2022 18:46 WIB

Tingkatkan Pengelolaan Sampah di Kawasan Borobudur, Pertamina Berkolaborasi Antar-BUMN

PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan tiga BUMN hadirkan tempat sampah terpilah

PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Telkom, Angkasa Pura 1, dan Taman Wisata Candi (TWC) menghadirkan tempat sampah terpilah di kawasan wisata Borobudur.
Foto: Pertamina
PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Telkom, Angkasa Pura 1, dan Taman Wisata Candi (TWC) menghadirkan tempat sampah terpilah di kawasan wisata Borobudur.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG – Dalam rangka meningkatkan pengelolaan sampah di kawasan wisata Borobudur, Kabupaten Magelang, PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Telkom, Angkasa Pura 1, dan Taman Wisata Candi (TWC) menghadirkan tempat sampah terpilah. Sebanyak 35 unit tempat sampah terpilah diserahkan secara langsung oleh perwakilan BUMN dan diterima oleh Camat Borobudur, Subiyanto, pada Jumat (8/7/2022) di kantor Kecamatan Borobudur.

Mewakili PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho selaku area manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga yang merupakan Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), mengatakan bantuan terebut merupakan dukungan dari Pertamina bersama BUMN lainnya dalam mengembangkan pariwisata Borobudur, yang mana salah satu dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dari pemerintah pusat.

Baca Juga

“Borobudur menjadi satu-satunya kawasan wisata di Jawa Tengah yang masuk ke dalam DPSP bersama beberapa destinasi lain seperti Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Untuk itu sebagai BUMN yang beroperasi di wilayah ini kami juga turut hadir dan mendukung program tersebut,” kata Brasto.

Menurutnya, pengelolaan sampah merupakan salah satu aspek yang penting dalam menjalankan pariwisata, di mana pengelolaan sampah yang baik akan turut mendukung pariwisata yang bersih dan sehat. “Melalui bantuan ini kami ingin mengajak masyarakat, tidak hanya pengelola kawasan wisata tapi juga para wisatawan yang datang ke Borobudur untuk menjaga lingkugan kawasan wisata tetap bersih dan memilah sampah berdasarkan jenisnya,” ujarnya.

Diketahui, setiap unit tempat sampah terpilah yang diserahkan terdiri dari tiga tong sampah berdasarkan jenisnya, di antaranya sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3 & masker. “Dengan membiasakan diri untuk memilah sampah maka kita sudah membantu mengurangi penimbunan sampah di tempat pembuangan akhir. Karena sampah yang terpilah akan langsung dikelola dan diolah sesuai jenisnya,” terang Brasto.

Dia menjelaskan dukungan Pertamina terhadap program ini merupakan wujud dari penerapan komitmen ESG (Environment, Social, Governance) yang dijalankan Pertamina. Selain itu program ini merupakan bentuk kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya pada poin 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), poin 15 (Ekosistem Daratan), dan poin 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement