Jumat 27 May 2022 15:22 WIB

PBB Puji Penanganan Covid-19 RI, KSP: Indonesia Menuju Akhiri Pandemi

Indonesia dinilai berada di jalur tepat dalam penanganan Covid-19

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nashih Nashrullah
Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Indonesia dinilai berada di jalur tepat dalam penanganan Covid-19
Foto: Republika/Thoudy Badai
Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Indonesia dinilai berada di jalur tepat dalam penanganan Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani Covid-19.

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid pada acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Badung Bali pada Rabu (25/5/2022). 

Baca Juga

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo menilai, sanjungan PBB menjadi bukti bahwa Indonesia sudah berada di jalur yang tepat dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

“Pujian dari PBB menunjukan kita sudah dalam jalur yang tepat dalam mengakhiri pandemi Covid-19,” kata Abraham dikutip dari siaran pers KSP, Jumat (27/5/2022). 

Menurut Abraham, keberhasilan Presiden Joko Widodo sebagai pemegang kendali tertinggi penanganan pandemi Covid-19 membuat negara-negara dunia yakin bahwa situasi pandemi semakin terkendali. 

“Tidak mungkin tujuh ribu delegasi dari 185 negara berani datang ke Indonesia jika tidak yakin Indonesia berhasil mengendalikan Covid-19,” kata dia. 

Abraham juga memaparkan data laju penularan Covid-19. Dia menyebut, sejak 24 Maret hingga 26 Mei 2022, laju penularan Covid-19 bisa dikatakan sudah terkendali. Hal itu ditunjukkan oleh angka Reproduction Rate stabil di angka 1 selama dua bulan lebih. 

“Data memang menunjukkan situasi pandemi terus terkendali. Tapi kita tidak boleh jumawa dan tergesa-gesa. Masker tetap perlu dipakai,” ucapnya. 

Sebelumnya, Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahid pada acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 menyampaikan penghargaan atas kesuksesan Presiden Joko Widodo dalam menangani dan mengendalikan pandemi Covid-19. 

“Ini merupakan bukti komitmen kuat dan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Yang Mulia Presiden Joko Widodo untuk memerangi Covid-19 dan mengembalikan negara ke jalur pemulihan,” kata Abdulla.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement