Jumat 06 May 2022 02:40 WIB

Dinkes Depok Imbau Warga Waspadai Penyebaran Hepatitis Akut

Dinkes telah melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait hepatitis akut lewat medsos

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad
Ilustrasi Hepatitis
Foto: pixabay
Ilustrasi Hepatitis

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau warga agar mewaspadai penyebaran penyakit hepatitis akut yang saat ini mewabah, terutama menyerang anak-anak. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan kasus hepatitis akut  yang masih misterius kini ada di Indonesia dan telah mengkonfirmasi tiga kejadian di Jakarta yang kini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo atau RSCM.

"Kami telah bersiap untuk mengantisipasi penyebaran hepatitis akut yang saat ini tengah diwaspadai oleh Pemerintah," kata Kepala Dinkes  Kota Depok, Mary Liziawati di Balai Kota Depok, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga

Dia menegaskan, pihaknya telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Kota Depok untuk meningkatkan kewaspadaan. "Kami sudah bersurat ke seluruh puskesmas dan rumah sakit untuk meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadinya hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya," tegas Mary.

Menurut Mary, selain bersurat, pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gejala hepatitis akut. "Kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui medsos Dinkes Kota Depok. Dengan begitu, diharapkan masyarakat pun bisa lebih waspada dan mendeteksi dini gejala hepatitis akut," harapnya. 

Dia menambahkan, pihaknya pun telah menyiapkan link sebagai sarana laporan kejadian, sehingga dapat segera tertangani. "Kami sudah menyiapkan link laporan kejadian, jika Puskesmas atau rumah sakit mendapati pasien dengan gejala yang diduga hepatitis akut yang dimaksud," kata Mary.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement