Jumat 04 Mar 2022 15:38 WIB

JK: Sudah Saatnya Saya Menolak, Berikan ke yang Lebih Muda

JK sudah memimpin IKA Unhas selama 25 tahun.

Alumni Unhas yang menggelar Mubes IKA Unhas berfoto bersama dengan Ketua Umum IKA Unhas, HK Jusuf Kalla yang akan diganti dengan ketua IKA Unhas yang baru, di Makassar, Jumat (4/3/2022)
Foto: Unhas
Alumni Unhas yang menggelar Mubes IKA Unhas berfoto bersama dengan Ketua Umum IKA Unhas, HK Jusuf Kalla yang akan diganti dengan ketua IKA Unhas yang baru, di Makassar, Jumat (4/3/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin, dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum PP IKA Unhas digelar di Makassar, Jumat (4/3/2022). Mubes IKA Unhas yang menjadi perhelatan akbar alumni kampus merah dihadiri sekitar lima ratus peserta dari berbagai fakultas, jurusan, wilayah dan daerah. Selain itu ribuan alumni Unhas menyaksikan proses pembukaan melalui live streaming Youtube, Zoom, Instagram serta media sosial lainnya. 

Ketua Umum IKA Unhas, HM Jusuf Kalla telah memimpin IKA Unhas ini selama 25 tahun. Sejumlah pihak menghendaki Mubes berlangsung di Jakarta. Namun tak sedikit pula alumni menginginkan mubes berlangsung di Makassar. Dan pada akhirnya, Jusuf Kalla yang menjabat memutuskan bahwa Mubes IKA akan berlangsung di kampung halaman Unhas, Makassar.

Baca Juga

Persiapan yang dilakukan oleh Steering Commitee (SC) dan Organizing Commitee (OC) sejak Agustus 2021 akhirnya dihelat di Kota Makassar. Semula perdebatan cukup sengit terjadi melalui WAG antaralumni, SC dan OC yang banyak menyoroti lokasi Mubes serta draff AD/ART IKA Unhas.  

Mubes IKA Unhas dihadiri oleh jajaran pengurus PP IKA Unhas, para pejabat dari berbagai provinsi, kota dan daerah yang tercatat sebagai alumni Unhas. Bukan hanya dari kalangan pejabat, sederet pengusaha, profesional serta anggota dewan juga hadir sejak dua hari terakhir ini. Menurut Ketua Panitia Mubes IKA Unhas Muhammad Ismak, para peserta mulai berdatangan sejak empat hari terakhir dan memilih menginap di hotel terdekat dengan lokasi Mubes IKA Unhas. 

Sementara itu Ketua IKA Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutannya kembali mengulangi agar Mubes IKA Unhas dapat berjalan secara riang, gembira dan penuh semangat. "Alumni ini bukan lagi mahasiswa. Terkenal di mana-mana kalau ada perkelahian itu di Makassar. Kalau ada lemparan batu di Makassar. Saya selalu ditanya, kenapa Makassar selalu ada perkelahian," ujar JK yang disambut senyam senyum oleh para peserta. 

Maka dari itu ia tegaskan bahwa para peserta ini bukan lagi mahasiswa sehingga pada saat berlangsung Mubes tak ada lagi yang memukul meja, "Ikhlas menerima apa pun," harapnya. 

JK juga menyampaikan kepada para alumni Unhas bahwa sudah saatnya tongkat estafet bagi Ketua IKA Unhas kepada yang lebih muda. Sebab dirinya telah berusia 80 tentu tak mungkin lagi memimpin organisasi ini. "Saya dulu selalu dikasi. Sekarang sudah waktunya saya menolak," tegasnya. 

Pada kesempatan tersebut JK juga berpesan kepada alumninya serta pengurus baru yang akan terbentuk agar meningkatkan kerja sama antara pihak lain dengan kampus universitas khususnya kepada alumni yang memiliki kemampuan. JK pun menyontohkan mantan dirut BRI Asmawi yang banyak membantu kampus Unhas. 

Perhelatan Mubes IKA Unhas akan berlangsung hingga 6 Maret 2022. Selain membahas AD/ART IKA Unhas para peserta juga akan memilih calon pengganti Jusuf Kalla. Sejumlah figur yang disebut sebut akan bersaing seperti Amran Sulaiman, Haedar A Karim, Andi Sudirman Sulaiman, Idrus Paturusi dan Suaib Mappasila.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement