Senin 21 Feb 2022 00:17 WIB

Mubes IKA Unhas Sudah Dapat Restu Wali Kota Makassar

Restu tersebut penting karena saat ini Kota Makassar menerapkan status PPKM Level 3.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Makassar, Dhani Pomanto saat menerima panitia Mubes IKA Unhas 2022.
Foto: Istimewa
Wali Kota Makassar, Dhani Pomanto saat menerima panitia Mubes IKA Unhas 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana penyelenggaraan musyawarah besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Hasanudin (IKA Unhas) 2022 pada 4-6 Maret di Makassar, akan dilanjutkan setelah mendapat restu dari Wali Kota Makassar. Restu Wali Kota Makassar ini penting, mengingat sebelumnya, rencana Mubes sempat dihadapkan pada dilema karena adanya penerapan status PPKM Level 3 di kota itu.

Wali Kota Makassar, Moch Ramdhan Pomanto atau Dhani Pomanto memberi sinyal lampu hijau tersebut setelah pihak panitia pelaksana Mubes IKA Unhas 2022 melakukan audiensi. Audiensi dilakukan di kediaman pribadi Dhani, Sabtu (19/2).

Baca Juga

Pertemuan tersebut dihadiri oleh pihak panitia pelaksana yang diwakili oleh Salahuddin Alam, Irwan Ade Saputra, Sakka Pati, Yessy Yoanna, Burhan Kadir, Kahar Gani, Harun Ar Rasyid, Poppy, Alfian. Selain itu, ada pula Steering Commitee yang diwakili Bachrianto Bachtiar.

Melalui pertemuan tersebut, pihak panitia meminta petunjuk Wali Kota terkait rencana penyelenggaraan Mubes IKA Unhas 2022 yang bersamaan dengan penerapan PPKM Level 3 di Kota Makassar. Karena bersamaan dengan diterapkannya PPKM Level 3 di Kota Makassar, pihak panitia khawatir penyelenggaraan Mubes IKA Unhas 2022 akan mengganggu program Satgas Covid-19 Pemkot Makassar. Oleh karena itu, pihak panitia pelaksana menemui sejumlah pejabat di Makassar untuk meminta petunjuk terkait perlu ditunda atau tidaknya pelaksanaan kegiatan mereka.

 

Hal ini dinilai penting untuk dilakukan karena sebelumnya Pemkot Makassar telah menerbitkan surat edaran. Surat edaran tersebut berisi imbauan mengenai pembatasan aktivitas masyarakat Makassar karena adanya lonjakan Covid-19 akibat varian Omicron.

"Panitia meminta petunjuk terkait kondisi Makassar dalam masa pandemi dengan status PPKM Level 3," ungkap wakil ketua panitia Mubes IKA Unhas 2022 Irwan Ade Saputra, seperti diungkapkan dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dhani yang juga merupakan alumnus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin akhirnya menjawab dilema yang dihadapi oleh panitia pelaksana. Menurut sekretaris panitia Mubes IKA Unhas 2022 Salahuddin Alam, Wali Kota Makassar telah memberikan izin kepada panitia pelaksana untuk melanjutkan persiapan sehingga Mubes IKA Unhas 2022 bisa berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan. "Pada prinsipnya Wali Kota Makassar siap memberikan izin," sambung Salahuddin.

Salahuddin menyampaikan, Dhani memberi sebuah syarat agar penyelenggaraan Mubes IKA Unhas 2022 bisa diselenggarakan. Syarat tersebut adalah mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan dan prosedur yang berlaku.

Sebagai bentuk dukungan, Pemkot Makassar akan melibatkan Satgas Covid-19 selama penyelenggaraan Mubes IKA Unhas 2022 berlangsung. Dalam hal ini, pihak Satgas Covid-19 akan menyediakan tes antigen bagi 450 peserta yang akan masuk ke ruangan tempat diselenggarakannya Mubes IKA Unhas 2022.

Dhani selaku alumni juga mengatakan akan meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk mengikuti kegiatan Mubes IKA Unhas 2022, baik pada saat sebelum maupun saat jalan sehat alumni Unhas yang akan digelar pada 6 Maret 2022. Dhani juga berharap agar Mubes IKA Unhas 2022 bisa berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai dengan target hingga terpilih ketua umum DPP IKA Unhas untuk periode 2022-2027.

Setelah mengantongi izin, panitia pelaksana akan kembali melanjutkan persiapan untuk Mubes IKA Unhas 2022. Salah satu agenda dari Mubes IKA Unhas 2022 adalah memilih ketua umum IKA Unhas untuk menggantikan HM Jusuf Kalla yang telah menjabat sebagai Ketua IKA selama 25 tahun.

Mubes IKA Unhas 2022 pun memiliki rangkaian kegiatan berupa agenda jalan sehat, pameran UMKM, dan juga simposium nasional mengenai Indonesia Timur. Mubes IKA Unhas 2022 akan dilaksanakan di hotel Four Point by Sheraton Makassar, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement