Kamis 07 Oct 2021 08:32 WIB

Jokowi Pimpin Upacara Penetapan Komcad Bentukan Prabowo

Kemenhan memulai seleksi penerimaan Komcad matra darat pada Juni 2021.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama personel Komponen Cadangan (Komcad).
Foto: Dok Kemenhan
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama personel Komponen Cadangan (Komcad).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat pada Kamis (7/10). Dikutip dari siaran resmi Istana, dalam kunjungan ini Jokowi  diagendakan untuk memimpin upacara penetapan Komponen Cadangan (Komcad) tahun anggaran 2021, di era Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Upacara ini akan digelar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Dari siaran resmi Kementerian Pertahanan (Kemenhan), upacara tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Semua siswa Komcad juga sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sebanyak dua kali dan melakukan tes swab setiap pekan. Kemudian, peserta juga melakukan tes swab PCR sehari sebelum upacara tersebut.

Komcad adalah program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR, dan di bawah kendali Panglima TNI.

Kemenhan memulai seleksi penerimaan Komcad matra darat pada Juni 2021. Setelah itu, pendidikan pelatihan dasar kemiliteran akan dilakukan selama tiga bulan hingga September 2021. Pendidikan pelatihan dasar militer itu akan dimulai sejak pekan keempat Juni sampai dengan September 2021.

Sebagai langkah awal, pendidikan dan pelatihan akan dilaksanakan di Pulau Jawa dengan alokasi sebanyak 2.500 orang peserta. Pendidikan akan dilaksanakan di Rindam-Rindam yang ada di Pulau Jawa, yaitu Rindam Jaya/Jayakarta, Rindam III/Siliwangi, Rindam IV/Diponegoro, dan Rindam V/Brawijaya.

Baca juga : Gugatan Yusril Terhadap Demokrat Dikritik

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Marsda M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement