Selasa 05 Oct 2021 12:42 WIB

Alur Tes CPNS di Kantor Wali Kota Jakarta Barat

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati peserta hingga dia sampai ke ruang tes.

Alur Tes CPNS di Kantor Wali Kota Jakarta Barat. Ilustrasi
Foto:

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari praktik perjokian dalam pelaksanaan tes ini. "Ruang pemeriksaan wajah untuk menghindari joki, apakah wajah peserta sesuai dengan foto aslinya. Kelengkapan administrasi juga kita periksa lagi," ujar Hafiz.

Setelah semua peserta melewati pemeriksaan wajah, mereka akan dibawa ke ruangan khusus untuk menjalani tahap sosialisasi. Hal tersebut dilakukan untuk memberitahu peserta tata cara pengisian atau pengerjaan soal pada ujian nanti. Setelah melalui tahap sosialisasi, mereka akan memasuki ruang Computerring Asesment Tes (CAT). Di sanalah para peserta akan menjalankan tes CPNS tersebut.

Mereka akan menjalankan tes kompetensi dasar (TKD) yang terdiri dari tiga komponen, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). "Peserta akan diberi waktu sebanyak 100 menit. Di sana,area harus benar benar bersih. Pengawasan akan dilakukan secara langsung. Tidak sembarang orang bisa masuk ke ruangan tes itu," katanya.

Mereka akan menjalankan tes secara daring dan hasilnya pun akan langsung terlihat sesaat setelah para peserta selesai mengerjakan soal. Hafiz memastikan tes tersebut berjalan dengan ketat dan hasilnya pun akan langsung diperlihatkan demi menjaga transparansi.

Koordinator wilayah Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI untuk Jakarta Barat Yanu Hardianto mengatakan kegiatan tes CPNS yang sudah memasuki hari kedua ini berjalan dengan lancar. Protokol kesehatan pun sudah dijalankan oleh pihak penyelenggara dan para peserta seleksi tes CPNS.

Dia berharap kegiatan seleksi yang berjalan selama empat hari ini bisa berjalan dengan lancar. "Doanya dan mohon dukungannya pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancar, dan ini hajat Pemda DKI nasional, mudah-mudahan kita mendapat kualitas SDM yang baik," kata Yanu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement