Selasa 05 Oct 2021 11:39 WIB

Ribuan Pelamar CPNS Jalani Tes di Kantor Wali Kota Jakbar

Sebanyak 3.500 CPNS untuk penempatan di Pemprov DKI dites TWK hingga TKD.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Suasana tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 3.500 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk penempatan di DKI Jakarta menjalani tes di kantor Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar) di Kecamatan Kembangan, sejak Senin (4/10) hingga Jumat (9/10).

"Pelaksanaan kita bagi dalam tiga sesi untuk hari Senin sampai Kamis. Tapi hari Jumat hanya ada dua sesi," kata Kepala Suku Badan Kepegawaian Kota Jakbar Mohammad Hafiz saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (5/10).

Merekamenjalankan tes kompetensi dasar (TKD) yang terdiri tiga komponen, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Per sesinya diisi 250 peserta tes CPNS. Para peserta diberi waktu selama 100 menit untuk menjalankan tes tersebut.

Mereka akan menjalankan tes secara online dan hasilnya pun akan langsung terlihat setelah para peserta selesai mengerjakan soal. Hafiz memastikan tes tersebut berjalan dengan ketat dan hasilnya pun akan langsung diperlihatkan demi menjaga transparansi. Sehingga, pihaknya dapat dengan mudah menyeleksi CPNS yang kompeten dan berintegritas untuk mengisi posisi di Pemprov DKI.

Koordinator Wilayah Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI untuk Jakbar, Yanu Hardianto menjelaskan, peserta harus menyerahkan beberapa syarat administrasi sebelum menjalani tes CPNS. Salah satunya yakni tes hasil antigen dan surat sudah menjalani vaksin.

Baca juga : NPWP Bakal Dihapus dan Diganti NIK

Dua hal ini penting demi memastikan seleksi bisa berjalan dengan aman. Dia menuturkan, pihaknya memastikan kegiatan tes CPNS yang sudah memasuki hari kedua berjalan dengan lancar. Protokol kesehatan pun sudah dijalankan oleh pihak penyelenggara dan para peserta seleksi tes CPNS.

Dia berharap kegiatan seleksi yang berjalan selama empat hari ini bisa berjalan dengan lancar. "Doa dan mohon dukungannya agar pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancar, dan ini hajat Pemda DKI nasional, mudah mudahan kita mendapat kualitas SDM yang baik," kata Yanu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement