Senin 27 Nov 2023 19:42 WIB

Dinilai Kooperatif, Polda Lampung tak Tahan Joki CPNS Kejaksaan

Mahasiswi ITB berinisial RT jadi joki untuk dua peserta CPNS.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Agus raharjo
Sejumlah peserta Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB CPNS) menunggu waktu pelaksanaan tes. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah peserta Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB CPNS) menunggu waktu pelaksanaan tes. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Polda Lampung tidak menahan RT (20 tahun), mahasiswi ITB yang jadi joki tes CPNS Kejaksaan tahun 2023 untuk dua peserta tes. Pelaku hanya dikenakan wajib lapor karena dinilai kooperatif selama pemeriksaan.

“Belum kami tahan, yang bersangkutan kooperatif, hanya wajib lapor,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik kepada wartawan, Senin (27/11/2023).

Baca Juga

Setelah penangkapan RT pada saat mengikuti tes CPNS di Gedung Graha Achava Join Jl Pramuka Nomor 27, Gang Bukit Alam Permai, Rajabasa, Bandar Lampung, pada Jumat (10/11/2023), Polda Lampung belum menetapkan tersangka, meskipun kasus ini sudah naik tahap penyidikan.

Menurut Umi, tim Ditreskrimsus Polda Lampung masih mengejar lima pelaku yang tergabung dan jaringan perjokian RT. “Lima pelaku ini masuk komplotan RT,” kata Umi.

Dari penjelasannya, lima pelaku yang masih buron tersebut, dia mengungkapan terdapat juga mahasiswa ITB. Namun, dia belum bisa menjelaskan siapa orangnya. Polda Lampung telah mengantongi identitas pelaku, namun belum diekspose.

“Dari lima pelaku itu, sebagian dari mahasiswa ITB,” ujarnya.

Mahasiswi ITB berinisial RT (20 tahun), perempuan berprofesi sebagai joki diduga telah menerima pesanan dua orang peserta tes CPNS Kejaksaan tahun 2023. Kedua peserta CPNS tersebut berasal dari Lampung dan Palembang.

RT alias RDS menjadi joki tes CPNS untuk dua orang peserta, tetapi berbeda hari. Semuanya untuk ujian atau tes CAT CPNS Kejaksaan tahun 2023.

Dari hasil pemeriksaan penyidik, dia mengatakan muncul dua nama peserta tes CPNS Kejaksaan tahun 2023 yang menggunakan jasa RT. Dua peserta menggunakan joki tersebut yakni N, warga Kabupaten Lampung Tengah, dan D, warga Palembang.

Joki RT melakukan penyamaran saat menjadi peserta N dalam tes CPNS Kejaksaan Tahun 2023 di Gedung Graha Achava Join Jl Pramuka Nomor 27, Gang Bukit Alam Permai, Rajabasa, Bandar Lampung, pada Jumat (10/11/2023). Hari itu sebenarnya RT juga tidak lolos saat verifikasi identitas dengan data di server. Tapi dia berhasil kabur.

Joki perempuan tersebut dapat tertangkap petugas, saat datang lagi ke lokasi ujian untuk peserta D, warga Palembang pada Senin (13/11/2023). Pada pelaksanaan hari Senin ini, RT kembali tidak lolos saat dicek identitasnya dengan data di server, dia langsung diamankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement