Sabtu 21 Aug 2021 13:27 WIB

Malam Singkat Penentu Nasib WNI di Afghanistan

Tepat pukul 06.00 WIB Boeing 737-400 callsign "Kencana Zero Four" lepas landas.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah warga negara indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari. Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 26 WNI dari Afghanistan yang sedang dilanda krisis keamanan setelah pengambilalihan kekuasaan oleh kelompok Taliban.
Foto:

"Dengan waktu yang sangat terbatas, penyiapan tersebut dilaksanakan kurang dari satu malam, sehingga dengan data-data yang ada, kami menyiapkan penerbangan semaksimal mungkin, agar misi terlaksana dengan aman dan selamat," ungkap lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 2008 tersebut.

Sesuai dengan perencanaan, tepat pada pukul 06.00 WIB pesawat TNI AU Boeing 737-400 dengan callsign "Kencana Zero Four" lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dengan membawa Satgas dan tim evakuasi. Selain Mulyo, ada pula Letkol Pnb Ludwig Bayu beserta 10 awak pesawat lainnya yang mengoperasikan pesawat tersebut.

Setelah mengangkasa selama kurang lebih 17 jam dengan melewati Banda Aceh, Colombo di Srilangka, Karachi di Pakistan, pesawat mendarat di Islamabad pada pukul 15.13 UTC atau pukul 20.13 waktu Islamabad.

Begitu tiba di Islamabad, rombongan memutuskan untuk menginap sembari memantau perkembangan situasi di Bandara Hamid Kanzai International sebelum melaksanakan proses evakuasi WNI di sana. Hal utama yang terus dipantau oleh mereka, yakni eskalasi kerumunan massa yang dapat mengganggu jalannya pendaratan pesawat.

"Hambatan yang dihadapi terutama adalah data-data terkini dari landasan Bandara Hamid Kanzai International, serta kondisi sekitar landasan yang tidak menentu. Eskalasi kerumunan massa terjadi ketika awak pesawat sudah sampai di Islamabad, sehingga keputusan dari pihak Kemenlu menunda penjemputan selama 1-2 hari," ungkap dia.

Setelah kepastian data didapatkan bahwa pesawat bisa mendarat di Bandara Hamid Kanzai International, diputuskan pesawat akan lepas landas dari Islamabad pada Jumat 20 Agustus dini hari, yakni pada pukul 04.33 waktu setempat. Keputusan itu diambil dengan harapan saat pesawat tiba kondisi bandara sepi dan tidak ada eskalasi massa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement