Jumat 01 Dec 2023 12:39 WIB

Menhan Prabowo Serahkan Helikopter Angkut Berat H225M ke TNI AU

Prabowo bertekad agar Indonesia memiliki Angkatan Udara yang lebih tangguh dan kuat.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat Airbus H225M, kepada TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jumat (1/12/2023).
Foto: Republika.co.id/Shabrina Zakaria
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat Airbus H225M, kepada TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jumat (1/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter angkut berat H255M kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jumat (1/12/2023). Helikopter H225M merupakan produk kerja sama antara PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan Airbus Helicopters.

Tidak hanya menyerahkan delapan unit helikopter ke TNI Angkatan Udara (AU), Prabowo juga meresmikan full flight simulator Airbus Helicopters H225M di Lanud Atang Sendjaja. Penyerahan helikopter H225M itu merupakan perkuatan bagi Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja.

"Tadi kita bersama-sama menyaksikan penyerahan delapan helikopter H225M Airbus buatan Prancis, tapi juga bekerja sama dengan PT DI," kata Prabowo seusai penyerahan helikopter H225M di Lanud Atang Sendjaja, Jumat.

Di samping itu, Prabowo bertekad agar Indonesia memiliki Angkatan Udara yang lebih tangguh dan kuat lagi. Sehingga, pemerintah ingin terus menyiapkan peralatan terbaik bagi TNI AU.

 

"Dan kita sangat optimis perkembangan industri pertahanan kita akan baik dan kuat. Tadi sambutan saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya, penghargaan pemerintah dan saya yakin seluruh rakyat Indonesia menyampaikan terima kasih dan rasa bangga punya Angkatan Udara yang tangguh," ujarnya.

Dalam upacara penyerahan delapan unit helikopter H225M itu, Prabowo memimpin langsung prosesi penyiraman air kembang dan pemecahan kendi ke salah satu hidung atau moncong helikopter. Kemudian, ia meninjau ke dalam helikopter dan meresmikan simulator helikopter H225M.

 

Adapun H225M dikenal sebagai helikopter yang aman, andal, kuat, dan serbaguna yang mampu melaksanakan berbagai misi seperti operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara. Armada buatan Airbus itu dikenal sangat kuat, cepat, dan mampu terbang jarak jauh.

 

Helikopter tersebut memiliki fitur canggih, seperti desain modular, penggunaan material komposit, avionik canggih, termasuk LCD multifungsi, sistem monitoring dan kontrol penerbangan otomatis. H225M juga menggabungkan pembangkit listrik Turbomeca Makila 2A1 generasi baru yang memberikan kinerja tinggi dan keamanan maksimum.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement