Selasa 17 Aug 2021 20:48 WIB

Indonesia akan Punya 261 Juta Dosis Vaksin Hingga Desember

Saat ini, Indonesia sudah melakukan 80 juta vaksinasi pada masyarakat Indonesia.

Saat ini, Indonesia sudah melakukan 80 juta vaksinasi pada masyarakat Indonesia.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Saat ini, Indonesia sudah melakukan 80 juta vaksinasi pada masyarakat Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan suplai vaksin sesuai kebutuhan. Indonesia akan memiliki sebanyak 261 juta dosis vaksin COVID-19 hingga Desember 2021.

"Sampai dengan Desember 2021 mendatang akan ada sebanyak 261 juta dosis," ujar Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 yang dipantau dari Jakarta, Selasa (17/8).

Baca Juga

Wiku mengatakan, jumlah itu dapat terus bertambah melalui skema perjanjian bilateral dan multilateral yang dilakukan pemerintah Indonesia dengan negara lainnya. Sementara posisinya saat ini, pemerintah telah melakukan sekitar 80 juta suntikan yang terbagi atas 54 juta atau 26 persen populasi telah divaksinasi dosis pertama dan 29 juta atau 14 persen populasi telah mendapat vaksinasi dosis ke dua.

Menurut Wiku, pencapaian target vaksinasi dapat terwujud apabila didukung dengan sinkronisasi data pusat dan daerah. Termasuk mekanisme operasional dan logistik, dengan harapan vaksin dapat diterima oleh daerah dengan tepat waktu dan dalam waktu yang memadai sesuai dengan kebutuhan.

"Ke depannya, pemerintah akan terus mendorong setiap daerah melakukan percepatan vaksinasi untuk segera mencapai target per daerah melalui prioritas daerah dan populasi berisiko terlebih dahulu," kata dia.

Ia berharap dengan percepatan yang dilakukan daerah serta penambahan cakupan vaksinasi, dapat membuat target terpenuhi sehingga kekebalan komunitas dapat segera terwujud.

"Dengan penambahan cakupan bertahap ini diharapkan kekebalan komunitas dapat segera tercapai," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement