Kamis 16 Feb 2023 03:29 WIB

Kemenkes: Lengkapi Perlindungan Vaksin Covid-19 Jelang Lebaran

Kemenkes imbau masyarakat lengkapi Vaksin Covid-19 jelang Ramadhan dan lebaran.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril
Foto: Tangkapan Layar Youtube Kemenkes
Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan meminta masyarakat, terutama kalangan lanjut usia untuk segera melengkapi perlindungan vaksinasi Covid-19 jelang pelaksanaan Lebaran 2023.

"Apalagi ini mau masuk Bulan Ramadhan, sebentar lagi kita mudik lagi. Sayangi orang tua kita yang di kampung dengan mengajak mereka vaksin," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril di Jakarta, Rabu (16/2).

Baca Juga

Vaksin Covid-19 tersebut diperuntukkan bagi masyarakat khususnya lansia baik yang belum vaksin pertama, kedua, booster pertama atau booster kedua, kata Syahril.

Syahril mengatakan, meski kondisi dan situasi kasus Covid-19 saat ini sudah melandai dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut, tapi pandemi belum resmi dikatakan selesai. Karena itu, lanjut Syahril, kemungkinan tertular Covid-19 masih tetap ada, dan hal tersebut harus dijaga serta diantisipasi.

"Jangan sampai nanti kita datang dari kota, orang tua belum divaksin dan mudah tertular dan terinfeksi," ujarnya.

Sementara itu Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Dr Reisa Broto Asmoro juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menghindari akses vaksinasi di waktu yang mepet dengan agenda mudik maupun perayaan Lebaran.

Menurut Reisa, antibodi yang diperoleh oleh tubuh manusia setelah vaksin Covid-19 baru bereaksi setelah tiga sampai empat pekan usai disuntik.

"Jangan mepet-mepet, butuh waktu tiga sampai empat pekan mulai muncul antibodi yang maksimal, jadi sebelum mudik mungkin sekarang waktu yang tepat, kalau sudah jeda enam bulan booster pertama buruan deh booster kedua. Jangan sampai nanti mau mudik baru vaksin," katanya.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement