Ahad 15 Aug 2021 20:15 WIB

Menkominfo: Negara Lindungi Anak Kehilangan Ortu Kena Covid

Kemensos berikan bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate.
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate memastikan, negara hadir untuk memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara Indonesia, khususnya semua anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

"Perlindungan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama pemerintah. Negara akan hadir untuk melindungi semua anak yang merupakan bagian penting dari masa depan bangsa ini," kata Johnny dalam siaran resmi di Jakarta, Ahad (15/8).

Johnny mengatakan, pemerintah senantiasa berupaya memberikan perlindungan dan kesejahteraan anak dengan menjamin hak-haknya. Bagi anak-anak yang kehilangan orang tua karena Covid-19, lanjut dia, pemerintah memberikan perlindungan dan bantuan agar mereka mampu melanjutkan hidup.

"Pemerintah melalui Kementerian Sosial memberikan berbagai bantuan kepada anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19. Pemerintah berupaya memastikan anak-anak bangsa bisa terus melanjutkan hidup sebagai harapan dan masa depan Indonesia," ujarnya.

Johnny menjelaskan, bantuan tersebut mencakup pemenuhan kebutuhan dasar anak, seperti bantuan obat-obatan, vitamin, swab test, vaksinasi, dan kebutuhan dasar anak lainnya. Pemerintah juga memberikan konseling bagi anak-anak dan keluarga mereka.

Selain itu, kata dia, pemerintah berupaya menyatukan kembali anak dengan keluarga besar mereka untuk mencegah anak kehilangan hak pengasuhan. Johnny menuturkan, pemerintah turut memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan oleh orang tua asuh atau panti asuhan.

Upaya lain dengan memberikan terapi fisik, psikososial dan mental spiritual juga diberikan kepada anak untuk mengatasi rasa sedih dan trauma karena kehilangan orang tua akibat Covid-19. "Pemerintah mendukung anak-anak agar mendapatkan akses pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak," kata Johnny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement