Jumat 06 Aug 2021 12:34 WIB

UBSI Pontianak Siapkan Mahasiswa Terjun ke Dunia Kerja

Magang membuat implementasi antara teori dan praktik di lapangan dapat terlaksana

Program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak berhasil melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (Sipadu) secara daring melalui Zoom Meeting.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak berhasil melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (Sipadu) secara daring melalui Zoom Meeting.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak berhasil melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Praktik Kerja Terpadu (Sipadu) secara daring melalui Zoom Meeting, beberapa waktu lalu. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang ini menjadi syarat pendidikan yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa semester 5.

Dipandu oleh Wanty Eka Jayanti, narasumber yang dihadirkan ialah Muhammad Sony Maulana selaku Kaprodi Sistem Informasi, dan Reza Maulana selaku Staf BSI Career Center (BCC) Universitas BSI kampus Pontianak. Eri Bayu Pratama dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, mahasiswa harus tetap semangat dalam menjalani akhir-akhir tahapan kuliah tanpa berpikir hanya sekadar sebagai penggugur kewajiban.

Baca Juga

"Masa PKL ini adalah sebuah tahapan yang akan memberikan banyak peluang, kesempatan dan pengalaman bagi mahasiswa semester 5, maka selayaknya dimanfaatkan dengan baik," ungkapnya dalam rilis yang diterima, Jumat (6/8).

Sony dalam pemaparannya menjelaskan, prodi Sistem Informasi Universitas BSI (BSI) kampus Pontianak, memiliki profil lulusan sebagai programmer dan junior sistem analis. Adanya magang ini, membuat implementasi antara teori dan praktik di lapangan dapat terlaksana dengan baik.

”Selama PKL/magang, mahasiswa sistem informasi harus menjaga attitude, karena saat ini bukan hanya skill dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, tetapi attitude yang baik. Dengan begitu, mahasiswa dapat menjadi calon tenaga kerja yang profesional dan tetap menjaga nama baik almamater,“ jelas Sony.

Ia juga menambahkan informasi seputar magang serta tahapan-tahapan yang dapat dilakukan mahasiswa mulai dari mencari tempat (perusahaan) magang, hingga proses pembuatan laporan. Prodi Sistem Informasi dalam hal ini sangat mendukung dan siap memberikan support akademik bagi siapapun mahasiswa, yang akan melaksanakan proses magang/praktik kerja ini.

Sementara itu, Reza sebagai pemateri kedua membeberkan informasi terkait program magang dan mengarahkan mahasiswa untuk ikut ke dalam program magang dari beberapa Kementerian. “Di antaranya ada Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemdikbud, dan Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) dari Kemnaker,” tutup Reza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement