Jumat 06 Aug 2021 11:46 WIB

Bantu Sekolah Mendata Alumni, Mahasiswa UBSI Ciptakan Siceri

Siceri bertujuan untuk membantu sekolah dalam mendata lulusan alumninya.

 Mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, ciptakan aplikasi tracer study berbasis web untuk menunjang kegiatan di SMK Negeri 1 Kubu, Kubu Raya, Pontianak.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, ciptakan aplikasi tracer study berbasis web untuk menunjang kegiatan di SMK Negeri 1 Kubu, Kubu Raya, Pontianak.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Mahasiswa prodi Sistem Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, ciptakan aplikasi tracer study berbasis web untuk menunjang kegiatan di SMK Negeri 1 Kubu, Kubu Raya, Pontianak.

Berbekal arahan dan bimbingan dari dosen pembimbing, Eri Bayu Pratama dan Panny Agustia Rahayuningsih, mereka berhasil menciptakan aplikasi berbasis web yang diberi nama Siceri (Sistem Informasi Tracer Study).

Baca Juga

Siceri yang dibuat oleh Bayu Febriantoro dan Rio Sumedi Romadon ini, bertujuan untuk membantu sekolah dalam mendata lulusan alumninya. Bayu, yang mendesain aplikasi ini mengatakan, saat membuat proyek Tugas Akhir (TA), ia terpikir untuk membuat sesuatu yang berguna untuk tenaga pendidik khususnya guru di sekolah.

“Saya dan rekan saya, Rio, ingin membuat aplikasi yang bermanfaat, terutama untuk sekolah,” tutur Bayu, Rabu (4/8) lalu.

Lanjutnya, saat melakukan risetnya, muncul permasalahan. Kesulitan sekolah untuk dapat mendata alumni apakah setelah lulus sekolah berkarir atau melanjutkan ke Perguruan Tinggi menjadi pertimbangannya.

“Hal ini menjadi ketertarikan saya sebagai lulusan dari SMK. Walaupun saya bukan alumni dari sekolah tersebut,” pungkasnya.

Ia menyebutkan, akan tetapi muncul dibenak saya, bahwa ini penting untuk dibuat. Apalagi terkadang lulusan SMK ini lebih mudah untuk diserap di dunia kerja.

“Jadi, tidak semua pilihannya itu melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Maka saya bersama Rio menciptakan aplikasi berbasis web yang bernama Siceri untuk pendataan alumni di SMKN 1 Kubu,” terangnya.

Sementara itu, Eri selaku dosen pembimbing menjelaskan, pembuatan proyek TA ini menjadi syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar Diploma 3 (D3) di Universitas BSI. “Selain itu, proses pembuatan karya mahasiswa ini, juga menjadi pembelajaran untuk terjun di dunia kerja. Terutama bagaimana cara berkomunikasi dengan stakeholder, serta sinergi antarkelompok proyek,” ujar Eri.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement