Sabtu 03 Jul 2021 06:09 WIB

PPKM Darurat, Sandi: Kebut Vaksinasi Pelaku Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf melakukan berbagai strategi agar program vaksinasi bisa lebih masif.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Agus Yulianto
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berdialog dengan pelaku usaha ekonomi kreatif.
Foto: Dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berdialog dengan pelaku usaha ekonomi kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta segera dilakukan vaksinasi terhadap pelaku ekonomi kreatif. Hal tersebut menyusul kebijakan pemerintah yang memberlakukan PPKM Darurat selama lebih kurang dua pekan ke depan.

"Kita juga harus ikut mendukung program vaksinasi sehingga mempercepat terbentuknya herd immunity," kata Sandi sapaan akrab Sandiaga Uno dalam keterangan, Jumat (2/7).

Sandi mengatakan, kemenparekraf juga melakukan berbagai strategi agar program vaksinasi bisa lebih masif selain melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Salah satunya, sambung dia, melalui wisata vaksin yang akan diujicobakan dalam waktu dekat.

Dia menegaskan, untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata diperlukan kepedulian bersama agar saat nanti angka penyebaran bisa lebih terkendali. Dia melanjutkan, pemerintah juga ingin agar ekonomi kembali menggeliat, lapangan kerja untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif kembali terbuka luas.

Namun, dia memahami, bahwa saat ini merupakan masa yang cukup berat dan keputusan pemerintah tersebut diambil demi tujuan keselamatan bersama. Dia mengatakan, pemerintah juga telah mengantisipasi akan adanya PPKM Darurat sekitar empat minggu terakhir dengan adanya virus Covid-19 varian delta.

"Tentunya ini akan berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Di sisi lain, Sandi mengungkapkan, kalau pariwisata bukanlah penyebab dari meningkatnya angka Covid-19. Dia menilai, bahwa kenaian angka penularan terjadi akibat masih kurang disiplinnya penerapan protokol kesehatan dan belum meluasnya vaksinasi di Indonesia.

Sandi mengatakan, sosialisasi penerapan protokol kesehatan penting dilakukan dengan menerapkan 6M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga kesehatan dengan berolahraga serta makan yang bernutrisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement