Selasa 29 Jun 2021 07:12 WIB

Pemkot Tangerang Buka Kerja Sama Vaksinasi Khusus Masyarakat

Wali Kota Tangerang menargetkan vaksinasi 17 ribu warga dalam sehari.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membuka kerja sama dengan kelompok masyarakat yang ingin menyelenggarakan vaksinasi Covid-19. Namun, vaksinasi bukan kategori gotong royong dalam memenuhi target 17 ribu orang divaksin.

"Kita ada target 17 ribu orang divaksin sehari dalam memenuhi target satu juta orang divaksin secara nasional dalam sehari. Maka itu jika ada lembaga/instansi mau gelar divaksinasi, kita akan bantu suplai dosisnya," kata Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah ditemui di UPT Labkesda, Kota Tangerang, Banten Senin (28/6).

Hanya saja, menurut Arief, saat ini kendala kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan adalah tenaga kesehatan (nakes) sebagai vaksinator. Pasalnya, tenaga kesehatan yang di puskesmas juga bertugas melayani pasien yang menjalani perawatan di rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) dan pemeriksaan lapangan.

Saat ini, kata dia, Pemkot Tangerang baru mendapatkan 38 nakes dan Poltekes Banten yang segera ditugaskan dalam percepatan vaksinasi maupun testing lapangan. Arief menjelaskan, Pemkot Tangerang setiap harinya menggelar vaksinasi di gedung Puspemkot dan 38 puskesmas.

Selain itu, TNI/Polri juga melaksanakan kegiatan serupa dengan lokasi di pusat keramaian. "Warga Kota Tangerang yang ingin melakukan vaksinasi bisa mendaftar atau datang langsung ke Puspemkot Tangerang. Namun jika ingin digelar kelompok maka Pemkot juga akan bantu," ujar Arief.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi menuturkan, setiap harinya ditargetkan sebanyak 17.000 divaksin. Pemkot pun sudah membuka layanan untuk usia di atas 18 tahun. Kemudian Pemkot Tangerang juga  mendapatkan tambahan vaksin Sinovac dari Farmasi Banten untuk 140 ribu sasaran.

Dinkes Kota Tangerang menargetkan 900 ribu sasaran sudah divaksin hingga  Agustus 2021. "Maka itu kita buka setiap hari layanan vaksinasi ini," kata Liza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement