Senin 21 Jun 2021 14:58 WIB

Cyrus Network: Masyarakat Puas dengan Pelayanan Publik Polri

Cyrus Network menguji kepuasan publik terhadap pelayanan Polri.

Layanan Publik Polri (ilustrasi).
Foto:

“Dari responden yang pernah mengurus SKCK dalam empat bulan terakhir tersebut (n=99), 76,7% mengaku puas terhadap layanan POLRI dalam pembuatan SKCK, dan 6,1 persen sangat puas. Masih ada 15,2  persen responden yang tidak puas, dan 2 persen yang sangat tidak puas,” jelasnya.

Kemudian untuk layanan pengaduan masyarakat seperti laporan penegakan hukum, surat kehilangan, dan lain sebagainya terdapat 7,9% responden mengaku pernah melakukan pengaduan masyarakat tersebut dalam empat bulan terakhir. 

“75,3 persenmenyatakan puas atas pelayanan POLRI saat menerima pengaduan masyarakat, dan 4,1 persen menyatakan sangat puas. Sedangkan yang tidak setuju ada 19,6 persen dan 1 persen sangat tidak setuju,” ungkap Fadhli.

Selain itu, Cyrus Network juga menguji tingkat kepuasan publik terhadap lima fungsi yang ada pada Polri yaitu fungsi penegakan hukum (Reserse), lalu lintas (Lantas), pengamanan masyarakat (Sabhara), hubungan masyarakat (Humas), dan pembinaan masyarakat (Binmas). Hasilnya pun sama, kepuasan publik terhadap fungsi Polri dapat dikatakan cukup tinggi.

“77,2 persen publik puas terhadap fungsi Pengamanan Masyarakat (Sabhara), 74,1 persen  publik puas terhadap fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas), 72,9 persen  puas terhadap fungsi Hubungan masyarakat (Humas), 71,6 persen puas terhadap fungsi Penegakkan Hukum (Reserse), dan 69,7 persen puas terhadap fungsi Lalu lintas (Lantas),” ujar Fadhli.

Survei Cyrus Network ini dilakukan secara tatap muka pada tanggal 28 Mei-1 Juni 2021 dengan jumlah responden sebesar 1230 responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 Provinsi. Survei dilakukan dengan menggunakan metode _multistage random sampling_ dengan tingkat kepercayaan _(significant level)_ survei ini adalah 95% dengan _margin of error_ sebesar +/- 2,85%.

sumber : A
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement