Sabtu 29 May 2021 10:09 WIB

Sandiaga Uno: Ekonomi Kreatif, Kekuatan Masa Depan Indonesia

AKI 2021, program pengembangan ekonomi kreatif melalui fasilitasi inkubasi dan pamera

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, dengan adanya ajang
Foto: Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, dengan adanya ajang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan salah satu program persembahan Kemenparekraf RI. Program ini sebagai sebuah wadah kreasi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar bisa mengankat kembali potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di industri kreatif.

Program ini mengangkat tema 'Produk Indonesia Untuk Ekonomi Kuat'. Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 akan dimulai pada tanggal 28 Mei 2021 sampai dengan tanggal 4 Desember 2021. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, dengan adanya ajang 'Apresiasi Kreasi Indonesia 2021' diharapkan dapat memberi kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan pelatihan kewirausahaan dan mentoring. Sehingga, hal itu bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif khususnya di subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi yang jatuh karena efek pandemi covid-19. 

"Sehingga, nantinya dapat meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional, meneguhkan Ekonomi Kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta dapat mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi covid-19," kata Sandi dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (29/5).

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan sebuah acara yang menggabungkan kekuatan sosial media dan media mainstream dan diisi dengan atraksi budaya serta penampilan musik yang di kemas secara modern dan akan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui fasilitasi inkubasi dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan. Kegiatan ini akan di selenggarakan di 20 kota/kabupaten yaitu Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan.

Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 dimulai dengan kegiatan launching yang dilakukan pada hari ini tanggal 28 Mei 2021, kemudian akan dilanjutkan dengan proses registrasi melalui website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com dimana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kota untuk mengikuti pameran dan inkubasi.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 berupa inkubasi pelatihan kewirausahaan dan mentoring. Materi pelatihan terdiri dari bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, kreativitas, dan membuat bisnis untuk kategori yang telah ditentukan, pameran/showcase produk pelaku kreatif, Creative Talkshow yang akan dikemas dalam talkshow kreatif, dan workshop dimana peserta dapat hadir secara luring dan daring melalui platform digital, Festival Film, Music Live Performance dan dengan acara puncaknya yaitu Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement