Selasa 25 May 2021 02:45 WIB

Pemerintah Kembali Genjot Vaksinasi Covid-19 

Proses screening vaksinasi akan dikurangi dari empat meja menjadi menjadi dua meja.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan kembali meningkatkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, pemerintah menargetkan dapat mencapai 1 juta suntikan vaksinasi per harinya. 

"Yang ingin saya tegaskan lagi bahwa vaksinasi juga tetap akan dilaksanakan. Vaksinasi yang sekarang ini pascalebaran itu akan kita tingkatkan. Kita pernah mencapai 500 ribu suntikan per hari, mudah-mudahan kita bisa mencapai 1 juta suntikan per hari," ujar Dante saat konferensi pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/5). 

Baca Juga

Untuk meningkatkan jumlah target vaksinasi per harinya, pemerintah pun telah menyederhanakan proses pelaksanaan vaksinasi di lapangan. Salah satunya yakni dengan mengurangi proses screening empat meja menjadi menjadi dua meja. 

"Kemudian adanya bantuan dari vaksinasi gotong royong yang sudah dimulai beberapa waktu yang lalu," tambah dia. 

Selain itu, pemerintah juga akan memulai tahapan ketiga vaksinasi untuk masyarakat umum di daerah rentan. Melalui upaya percepatan vaksinasi Covid-19 ini, ia berharap pandemi dapat segera berakhir di Indonesia.

Hingga 23 Mei 2021, penyuntikan vaksin telah mencapai 24,81 juta dosis vaksin, terdiri dari vaksinasi tahap pertama 14,9 juta dosis dan tahap kedua 9,88 juta dosis. Sementara target vaksinasi adalah 185,1 juta sasaran penerima vaksinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement