Sabtu 22 May 2021 15:54 WIB

Survei: Elektabilitas Airlangga Buntuti Prabowo dan Sandi

Seorang calon presiden tidak dapat hanya dilihat dari faktor elektabilitas.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Foto:

"Ketua umum kami punya seluruh prasyarat itu. Beliau pernah di DPR beberapa periode, pimpinan komisi, pernah menteri, seorang ketua umum partai, juga jadi menko perekonomian," ucapnya.

Pengamat politik Airlangga Pribadi menerangkan dalam pemilihan-pemilihan sebelumnya Partai Golkar kerap menjadi salah satu penentu dalam kontestasi.

"Golkar bisa jadi sebagai king maker dalam konteks politik. Ini perlu dipertimbangkan karena ini masih awal, pagi, ini bisa dilihat (dari survei) belum tentu siapa yang menjadi pemimpin ke depan," ucapnya. Menurutnya, dari hasil survei bisa dilihat siapa yang start duluan dan mana yang masih pemanasan. 

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diketahui publik adalah capres dan cawapres pada 2024, yang tentu sudah lebih dulu populer. 

Survei ARSC dilaksanakan pada 26 April-8 Mei 2021 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan usia minimum 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Survei dilakukan melalui telepon dengan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement