Senin 17 May 2021 19:22 WIB

Cegah Penularan Varian Baru, Menkes: Tingkatkan Prokes

Penelusuran kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19 sangatlah penting. 

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah)
Foto: MUHAMMAD IQBAL/ANTARA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta, agar masyarakat terus menjaga penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan mutasi varian baru Covid-19 yang telah ditemukan di Indonesia. Pasalnya, kemampuan penularan dari varian baru virus ini lebih tinggi.

“Penularan dari varian baru ini lebih tinggi. Oleh karena itu, yang harus kita lakukan sebagai rakyat biasa adalah pastikan protokol kesehatannya dijalankan dengan baik, memakai masker terutama,” kata Budi saat konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/5).

Selain itu, dia meminta kepala daerah, Kapolda, dan juga Pangdam agar memastikan protokol PPKM mikro dapat berjalan dengan baik. Begitu pula dengan pelaksanaan testing dan tracing kepada masyarakat.  

Dikatakan Budi, penelusuran kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19 sangatlah penting. Hal ini dapat menjadi langkah awal untuk mencegah perluasan penularan varian baru virus Covid-19 di Indonesia.

 

“Karena memang suka tidak suka, mutasi virus baru itu sudah masuk, mutasi virus baru ini sudah masuk ke indonesia,” ucap Budi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement