Selasa 06 Apr 2021 18:03 WIB

Gubernur Kalteng Optimistis dengan Keberhasilan Food Estate

Gubernur Kalteng menyebut keberhasilan Food Estate tergantung kerja sama dengan pusat

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mendampingi kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ke lokasi Food Estate di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa (6/4).
Foto:

Sebelumnya rombongan Menko Luhut tiba di Bandara Tjilik Riwut dari Jakarta siang sekitar jam 12.00 WIB dan disambut oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri serta  Forkpimda. Usai santap siang di ruang VIP bandara Tjilik Riwut, rombongan bertolak ke lokasi Food Estate tepatnya di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. 

Tiba sekitar pukul 13.45 di helipad blok A Desa Dadahup, Kapuas, rombongan disambut oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran beserta Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Kapolda Kalteng Dedy Prasetyo dan Danrem 102/PJG Purwo Sudaryanto. 

Sejurus kemudian rombongan singgah ke bengkel Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang letaknya tak jauh dari helipad. Selanjutnya Menko Marves Luhut Panjaitan dan sejumlah menteri lainnya menuju titik lokasi lahan penanaman, infrastruktur irigasi di Blok A Desa Bentuk Jaya, Dadahup.

Di lokasi Blok A, Menko Luhut melakukan briefing singkat bersama para menteri tentang kemajuan yang telah dicapai oleh masing-masing kementerian terkait antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR dan Kemendes PDTT bersama tim ahli. Kemudian meninjau para petani Dadahup yang tengah menanam padi.

Luhut pun meminta untuk memperkuat program pendampingan baik pemerintah maupun offtaker pada petani. "Universitas Palangka Raya mainkan peran (pendampingan) ini, Gubernur bantu sinergitas ini agar Univesitas Palangka Raya terlibat langsung dalam food estate," ujar Luhut.

"Kita bangsa besar tapi harus satu. Spirit ini kita pegang. Jangan main-main di sini, harus serius, transparan, sekarang jaman digital tidak ada yang rahasia lagi ke depan," pungkasnya. 

 

Usai memberi arahan, Menko Luhut beserta para menteri lainnya menyempatkan berdialog dengan beberapa petani di saung pinggir persawahan dan kembali bertolak ke Palangka Raya dengan helikopter untuk kembali ke Jakarta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement