Jumat 26 Mar 2021 22:52 WIB

Korban Dugaan Pelecehan Seksual Kepala BPPBJ tak Cuma Satu

LPSK menyarankan para korban melaporkan secara pidana.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu (kiri).
Foto:

Sebelumnya, Edwin menyatakan pihaknya siap menerima permohonan perlindungan apabila terdapat korban dari kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta Blessmiyanda. Itu karena kasus kekerasan seksual merupakan salah satu kasus yang jadi prioritas LPSK.

"Kasus kekerasan seksual merupakan salah satu kasus yang menjadi prioritas LPSK berdasarkan undang-undang," ujar Edwin lewat pesan singkat, Kamis (25/3).

Sementara Inspektur Provinsi DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat mengungkapkan pemeriksaan terhadap Kepala BPPBJ Blessmiyanda terkait dugaan pelecehan seksual. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menonaktifkan Blessmiyanda dari jabatannya, dan menunjuk Sigit Wijatmoko sebagai Plt BPPBJ. 

Meski Syaefuloh tidak merinci penyebab diperiksanya Bless, namun ia menyebutkan pelecehan seksual adalah bagian dari materi pemeriksaan. "Itu materi pemeriksaan ya," ucapnya di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/3).

Meski didesak dengan berbagai pertanyaan, Syaefuloh tidak mau menjelaskan secara rincinya. 

Sementara, Bless mengaku tidak mengetahui penyebab dirinya diperiksa oleh Inspektorat DKI Jakarta dikarenakan dugaan pelecehan seksual atau bukan. "Itu saya tidak tahu," ujar Bless saat dihubungi, Rabu.

Bless juga mengaku tak bisa menjelaskan secara rinci mengenai pemeriksaannya di Inspektorat. "Kalau materi (pemeriksaan) saya belum bisa jawab," ucap Bless lagi.

Kendati demikian, Bless tidak merinci sejak kapan pemeriksaan dilakukan dan sudah berapa kali dipanggil. Ia hanya meminta agar menunggu hasil pemeriksaan di Inspektorat rampung. "Saya sedang pemeriksaan. Tunggu saja hasilnya," kata Bless.

Mengenai kinerja BPPBJ, Bless menyebutkan terus berjalan lancar. Kini jabatan Kepala BPPBJ dipegang oleh Asisten Setda DKI bidang Pemerintahan, Sigit Wijatmoko. "Kinerja BPPBJ Insya Allah masih terus berjalan," tuturnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement