Senin 22 Mar 2021 20:19 WIB

Anies Ingatkan Soal Perubahan dan Kerusakan Alam

TMB Gintung yang merupakan taman di tepian Kali Ciliwung berfungsi jadi pangkalan air

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto:

Sedangkan saat kemarau akan surut dan dapat dimanfaatkan warga dari mulai berkebun hingga melakukan kegiatan alam. “Contoh taman ini, yang menjadi kolaborasi bagaimana dimanfaatkan saat surut maupun saat pasang yang menjadi tempat parkir air. Kami ingin kolaborasi ini dikembangkan sehingga lebih banyak lagi kegiatan dari warga yang melestarikan alam dengan didukung pemerintah dan pemerintah hadir untuk memastikan bahwa alam terjaga dengan baik,” tutur dia.

Menurut dia, keberadaan TMB Gintung ini juga sebagai bagian dari upaya merawat tradisi warga Ibu Kota yang telah lama bersahabat dengan Kali Ciliwung. Sebab, jelas Anies, konsep pasang dan surut sungai sudah dikenal sejak kota Jakarta terbentuk. 

“Tradisi itu akumulasi wisdom (kebijaksanaan) lintas zaman dan ini punya nilai hikmah yang sudah diuji lewat waktu. Seperti halnya Ciliwung yang menjadi pusat kehidupan karena ada air. Jadi tempat ini memiliki sejarah amat panjang dan di sini ada wisdom lintas generasi yang harus dikembangkan," ungkap dia. 

 

"Bila di Jakarta kita bisa bangun ini, maka akan jadi contoh bukan hanya di indonesia tetapi juga dunia,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement