Senin 18 Jan 2021 00:27 WIB

Sisi Nan Cantik dari Gunung Semeru 

Semeru memiliki banyak danau indah salah satunya Ranu Kumbolo.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/1/2021). Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1) dan warga di sekitar gunung tersebut  diiimbau agar waspada akan potensi bencana yang ditimbulkan.
Foto:

Ranu Kumbolo berada di tengah-tengah jalur pendakian Gunung Semeru. Itu artinya, semua pendaki memiliki kesempatan sama untuk menyaksikan keindahan danau tersebut. Keindahan ranu akan terlihat semakin nyata pada Juni sampai Agustus. 

Pada periode Juni sampai Agustus, warna danau Kumbolo biasanya lebih ke biru daripada hijau. Hal ini lantaran adanya biasan warna langit biru yang cerah di momen tersebut. 

photo
Pemandangan Ranu Kumbolo sebelum erupsi Gunung Semeru. (Dok. Pribadi/Abdi Purmono).
 
 

Keindahan Ranu Kumbolo memang tidak terelakkan lagi. Selain suguhan warna air, adapula paduan hijau dari tumbuhan dan pohon di sekitar danau. Kemudian cokelat muda dari padang rumput di sekitar lokasi. Ditambah lagi, ada corak putih dari bunga Senduro atau edelweiss Jawa (Anaphalis javanica).

Desiran ombak Ranu Kumbolo menjadi kesejukan tersendiri bagi pendaki yang berkemah. Meski terlihat segar, danau ini tidak diperkenankan untuk menjadi tempat mandi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. 

Di sekitar Ranu Kumbolo terdapat cekungan di antara dua bukit. Dari lokasi ini, pendaki bisa menyaksikan matahari terbit setelah subuh. Pendaki bisa menikmatinya langsung dari area perkemahan yang telah ditentukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement