Ahad 17 Jan 2021 05:00 WIB

Korban Gempa Patah Tulang Bisa Dioperasi di KRI dr Soeharso

Kapal ini menjadi salah satu alutsista yang dikerahkan TNI membantu korban gempa. 

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus Yulianto
Landing Craft Utility (LCU) KRI dr Soeharso.
Foto:

"Sudah saya kerahkan KRI Teluk Ende beserta prajurit marinir Yonmarhanlan VI Makassar. Pagi ini berangkat untuk membantu melaksanakan operasi kemanusiaan di sana," ungkap Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (15/1).

Yudo menjelaskan, selain KRI Teluk Ende dia juga menyiapkan KRI dr Soeharso yang merupakan kapal rumah sakit beserta tim medis dari batalyon marinir. Prajurit-prajurit juga ia siapkan untuk membantu korban bencana alam yang menyebabkan banyak fasilitas rusak tersebut.

"Prajurit-prajurit nanti akan kita siapkan untuk membantu di sana. Karena saya dengar juga banyak fasilitas yang rusak di sana sehingga kita perlu untuk menggerakan (perbantuan)," kata dia.

Menurut dia, operasi kemanusiaan ini merupakan salah satu bentuk semangat juang prajurit, yakni membantu masyarakat ketika mereka membutuhkan. Yudo menegaskan kepada prajuritnya, semua harus selalu siap siaga bila sewaktu-waktu Ibu Pertiwi memanggil.

"Sehingga dengan kesiapan kita yang ada kapal di Makassar saat ini, LST KRI Teluk Ende, langsung kita gerakkan pagi ini sudah bergerak ke sana. Mungkin nanti dalam waktu delapan sampai 10 jam sudah sampai," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement