Senin 11 Jan 2021 16:35 WIB

Awal 2021, BPBD Kabupaten Bogor Catat 16 Kejadian Bencana

Peluang terjadi hujan masih sangat tinggi setidaknya hingga 11-20 Januari.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Petugas menjaga sekitar lokasi longsor di jalan utama Puncak, Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (11/1/2021). Longsor yang terjadi pada pukul 00.30 WIB tersebut disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi dan mengakibatkan penutupan sementara jalur Puncak untuk evakuasi material longsor yang menutupi jalan.
Foto:

Terkait adanya kejadian bencana di wilayah Kabupaten Bogor, Kepala Stasiun BMKG Citeko Bogor, Asep Firman Ilahi mengatakan peluang terjadinya hujan di daerah Bogor dan sekitarnya masih sangat tinggi. Sehingga, masyarakat di sekitarnya harus waspada.

“Untuk cuaca saat ini, daerah Bogor dan sekitarnya masih harus waspada, mengingat peluang terjadi hujan masih sangat tinggi setidaknya hingga akhir Dasarian kedua Januari (11-20 Januari),” jelas Asep.

Dia mengatakan, hal ini dikarenakan adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa, yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik tersebut. 

Untuk saat ini, dikatakan Asep, diharapkan masyarakat waspada ketika hujan lebat terjadi. Terutama menghindari berlindung di bawah pohon besar untuk menghindari pohon tumbang, hindari bantaran sungai, tebing dan papan baliho besar.

 

“Kepada masyarakat diharapkan mengurangi aktivitas di luar apabila tidak penting, selalu berhati-hati memacu kendaraan dan selalu menggunakan pengaman diri. Hujan sangat lebat yg terjadi sebelumnya bisa memicu longsor kapan saja dan di mana saja,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement