Jumat 25 Dec 2020 08:16 WIB

Kejutan Bongkar Pasang Kabinet Jokowi di Penghujung Tahun

Banyak kejutan dalam perombakan kabinet Jokowi di ujung tahun 2020 ini.

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju.
Foto:

Ali Munhanif memiliki pandangan berbeda. Masuknya Sandiaga ke dalam kabinet mencerminkan keinginan presiden Jokowi untuk memperkuat jajaran menteri ekonomi. Sandiaga masuk kabinet bersamaan dengan Muhammad Luthfi yang juga sahabat lama Sandiaga. Keduanya merupakan teman dekat Menteri BUMN Erick Thohir.

"Mereka berteman sejak lama, mereka semua ini orangnya Erick, saya kira tim ekonomi semakin solid," tutur Munhanif kepada Anadolu Agency.

Sandiaga dan Luthfi diperkirakan akan memperkuat posisi Erick di kabinet dan diharapkan menjadi ujung tombak Presiden Jokowi mengurusi ekonomi dan kesehatan. "Saya rasa tim ini akan bekerja keras, bahu membahu membantu Erick sebagai kawannya sejak dulu," kata Munhanif.

Masuknya Sandi menunjukkan Presiden Jokowi ingin mengajak semua kalangan untuk melupakan kompetisi yang sengit pada Pilpres 2019 lalu.

Sementara itu, Pengamat Politik Hendri Satrio menilai langkah Presiden Jokowi tersebut merupakan upayanya untuk melakukan rekonsiliasi total.

"Dampaknya mudah-mudahan toleransi dan persatuan di Indonesia kembali terjaga," kata Hendri Satrio kepada Anadolu Agency pada Rabu.

Menurut dia, penunjukan Sandiaga pun tidak berdampak buruk terhadap partai koalisi lainnya.

"Baik-baik saja hubungannya, posisi PDI Perjuangan pun tidak diganggu," tambah dia.

Namun dia menilai, drama politik ini menyebabkan angka golput di Pemilu 2024 meningkat.

 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement