Jumat 25 Dec 2020 08:16 WIB

Kejutan Bongkar Pasang Kabinet Jokowi di Penghujung Tahun

Banyak kejutan dalam perombakan kabinet Jokowi di ujung tahun 2020 ini.

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju.
Foto:

The Indonesian Institute Center for Public Policy Research menilai perombakan kabinet diujung tahun ini merupakan ujian terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi di periode kedua.

Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute Arfianto Purbolaksono mengatakan keenam menteri baru itu mengindikasikan keinginan Presiden untuk meraih dukungan partai koalisi pemerintahan dengan memilih Sandiaga.

Sandiaga Uno melengkapi Prabowo Subianto yang lebih dulu masuk kabinet Indonesia Maju. Keduanya adalah mantan rival Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Solidnya dukungan partai memang menjadi poin penting bagi Jokowi untuk mengarungi pemerintahannya di periode keduanya ini. Dukungan di dalam pemerintahan dan parlemen diharapkan dapat menjaga stabilitas politik yang lebih baik," kata Arfianto melalui keterangan resminya, pada Rabu.

Namun, kata dia patut juga diingat oleh Presiden Jokowi, hal ini akan menjadi ujian bagi kepemimpinannya.

"Karena semakin besar dukungan partai politik, hal ini juga akan membawa konsekuensi akan ada tarik menarik kepentingan yang lebih besar dari antar partai politik tersebut baik di dalam pemerintahan maupun di parlemen. Apalagi jika menghitung waktu menuju Pemilu 2024," tambah dia.

Anto mengatakan merujuk pada hasil riset Transparansi Internasional Indonesia (TII), orientasi partai politik di Indonesia cenderung pada orientasi The Votes-Seeking Party atau partai yang lebih mengutamakan perolehan suara demi memenangkan pemilu dan menguasai pemerintahan.

 

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement