Kamis 01 Oct 2020 05:32 WIB

Menengok Monumen Pancasila Sakti, Saksi Bisu G30S/PKI

Pengelola berbagi cerita merawat benda sejarah di Monumen Pancasila Sakti

Monumen Kesaktian Pancasila, Jakarta
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Monumen Kesaktian Pancasila, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, telah mengganti beberapa benda peninggalan sejarah dengan menggunakan replika dengan material yang serupa (autentik). Salah satunya adalah mobil yang digunakan kelompok PKI untuk menculik dan mengangkut jenazah Brighen TNI DI Panjaitan.

Kawasan wisata sejarah yang berada di lahan seluas 14,6 hektare di Jalan Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, saat ini menyimpan benda bersejarah peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Kepala Museum Pengkhianatan PKI Letkol Caj (K) Winarsih mengatakan objek sejarah yang telah menggunakan material pengganti adalah tiga unit bangunan rumah tinggal yang menjadi lokasi penculikan dan penyiksaan tujuh jenderal.

Baca Juga

"Tidak semua orisinal. Di dalam ada lemari dan mesin jahit yang masih orisinal, kalau bilik bangunan sudah ada perubahan material, kecuali ubin dan pilar yang masih utuh," katanya di Lubang Buaya, Rabu (30/9).

Bangunan tersebut berupa Pos Komando yang digunakan pada 1 Oktober 1965 oleh Pasukan G30S/PKI yang bertugas menculik para pahlawan revolusi. Ada juga bangunan Dapur Umum yang digunakan untuk mempersiapkan logistik untuk Pasukan Pemberontak G30S/PKI serta bangunan rumah yang menjadi lokasi penyiksaan dan penyekapan pahlawan revolusi.

"Kita harus tetap pelihara, misalnya genting masih kualitas yang sama pada saat itu, dinding sudah menggunakan bambu anyaman yang otentik. Karena benda ini peninggalan tahun 1965, sudah 55 tahun," katanya.

Selain objek bangunan ada juga empat unit kendaraan klasik bernilai sejarah, di antaranya truk Dodge 500 buatan tahun 1961 dengan nopol B2982L yang kini sudah diganti menggunakan replika. "Ini adalah replika kendaraan jemputan PN Arta Yasa yang sekarang divisi cetak uang logam Perum Peruri, dipakai oleh PKI menculik dan mengangkut jenazah Brigjen TNI DI Panjaitan dari kediamannya," katanya.

Sedangkan tiga kendaraan lainnya yakni GM Old Mobile yang menjadi mobil dinas Menteri Panglima Angkatan Darat Letnan Jendral Ahmad Yani, mobil dinas Panglima Kostrad Mayjen Soeharto jenis Toyota Land Cruiser, serta panser batalyon Kavaleri 3 Kodam VIII Brawijaya seluruhnya masih orisinal.

"Material mobil ini masih utuh semua sebab perawatan setiap hari, diberi oli. Tapi yang jelas mesinnya sudah tidak bisa hidup," katanya.

Pada sisi utara monumen berdiri Museum Pengkhianatan PKI (Komunis) yang menyimpan sejumlah benda milik tujuh jendral yang wafat. "Jadi kami perawatannya seperti pakaian bersejarah ini harus berkoordinasi juga dengan museum tekstil untuk perawatan baju-baju agar baju tersebut tetap seperti kondisi semula," katanya.

Baju dinas hingga dompet milik pahlawan revolusi itu tersimpan di dalam kaca dan tidak boleh tersentuh. "Di bagian dalamnya ada semacam bahan-bahan pengawetnya," katanya.

Sementara Sumur Maut yang menjadi lokasi penguburan jasad tujuh jenderal tampak terawat kondisinya. Sumur sedalam 12 meter itu telah didekorasi menggunakan cungkup yang dihiasi ukiran kayu serta pembatas marmer yang dipasang sejak pemugaran pertama 1967.

"Kita kasih lampu di mulut sumurnya sekitar 2,5 meter dari atas marmer, terus kita pasang semacam besi pengaman. Kita harus berikan pengamanan jangan ada yang kecemplung," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement