Kamis 30 Jul 2020 02:58 WIB

Eks Kepala BIN Apresiasi KPK Kembalikan Kekayaan Negara

Mantan Kepala BIN apresiasi KPK kembalikan kekayaan negara.

AM Hendropriyono (tengah)
Foto: Antara/Wibowo Armand
AM Hendropriyono (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengapresiasi kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengatakan bahwa lembaga komisi antirasuah itu akan berjalan sesuai jalur atau on the track dalam menyelamatkan uang negara.

"Sejak awal kepemimpinan Firli Bahuri di KPK saya meyakini bakal on the track menyelamatkan kekayaan negara meski ada saja pihak yang pesimis dan menganggap tidak independen, hanya sebagai kepanjangan tangan Polri," kata Hendropriyono dalam keterangan, Rabu (29/7).

Baca Juga

Dia mengatakan, kerja penindakan KPK terus berlangsung meski tanpa sensasi aksi operasi tangkap tangan (OTT). Dia melanjutkan, KPK juha telah berhasil melakukan penyelamatan uang negara sebesar Rp 79 triliun.

Pendiri PKPI ini mengatakan, hal itu tidak lepas dari sinergi yang dilakukan dengan lembaga penegak hukum lainnya seperti polri dan kejaksaan serta kerjasama dengan instansi pemerintah lainnya. Lanjutnya, KPK juga secara inklusif bekerja dengan masyarakat bersama-sama memberantas korupsi.

"Keberhasilan KPK dapat diliat dari kinerja KPK kurun waktu Januari hingga Juni 2020," kata Hendro lagi.

Dia melanjutkan, KPK melaksanakan perkara penyidikan sebanyak 160 perkara. Pemeriksaan saksi sebanyak 3.512 orang. Pemanggilan tersangka dan penetapan tersangka sebanyak 85 orang. KPK juga sudah melakukan penangkapan dan penahanan pelaku korupsi 61 orang. Tersangka yang belum ditahan 24 orang.

Adapun perkara yang telah diselesaikan oleh KPK sebanyak 99 perkara. Terdiri dari 82 perkara sudah incracht dan 17 perkara masih dalam proses penuntutan. Selain itu, KPK juga melakukan penggeledahan sebanyak 25 kali dan penyitaan sebanyak 201 kali.

"Dalam bidang pencegahan KPK melakukan kegiatan intervensi berupa penertiban aset daerah, pajak, sertifikasi lahan oleh KPK yang telah menyelamatkan keuangan negara dmk besar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement