Rabu 22 Apr 2020 08:54 WIB

Andika Perkasa Lantik Mayjen Fachruddin Jadi Wakil KSAD

Danpuspomad dan Irjenad yang semula dijabat pati bintang dua menjadi bintang tiga.

KSAD Jenderal Andika Perkasa.
Foto: Dok Pendam Siliwangi
KSAD Jenderal Andika Perkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakil KSAD dari Letjen Tatang Sulaiman kepada Mayjen Moch. Fachruddin, bertempat di Gedung Serba Guna Mabesad, Jakarta Pusat, Selasa (21/4). Selain wakil KSAD, juga diserahterimakan 17 jabatan TNI AD lainnya, termasuk di dalamnya kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) dari Brigjen Candra Wijaya kepada Kolonel (Inf) Nefra Firdaus, serta pelantikan tiga pejabat  pada organisasi baru di lingkungan TNI AD.

Kepala Dispenad Kolonel (Inf) Nefra Firdaus mengatakan, pergantian pejabat tersebut berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor : Kep/355/III/2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI dan Keputusan Panglima TNI nomor : Kep/385/IV/2020 tanggal 9 April 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

"Pejabat lama wakil KSAD Letjen Tatang Sulaiman telah menjabat sejak 27 Oktober 2017, dan memasuki masa purnatugas, sedangkan penggantinya Mayjen Moch. Fachruddin, sebelumnya menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) KSAD. Beliau adalah putra kelahiran Kendal, Jawa Tengah, merupakan lulusan Akademi Militer 1985 dan lulusan Lemhannas tahun 2015," ucap Nefra dalam siaran, Rabu (22/4).

Beberapa jabatan strategis yang pernah diemban Fachruddin, antara lain adalah Danrem 121/Abw (2014), Kasdam Iskandar Muda (2015), Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI (2016) dan Pangdam Iskandar Muda (2017).

Menurut Nefra, sertijab dan pelantikan tersebut juga merupakan bagian dari pelaksanaan peningkatan kepangkatan beberapa organisasi dan tugas (Orgas) baru di lingkungan TNI AD sesuai Peraturan KSAD Nomor 26 Rahun 2019, tanggal 26 Desember 2019 tentang Orgas Markas Besar TNI AD, seperti Danpuspomad dan Irjenad yang semula dijabat pati bintang dua (Mayjen) menjadi pati bintang tiga (Letjen). "Selain itu, juga ada beberapa badan pelaksana pusat (balakpus) TNI AD yang semula dijabat pati bintang satu (Brigjen) menjadi pati bintang dua (Mayjen), seperti Kapusziad, Kapusbekangad, Kapushubad, dan Kapuspalad," kata Nefra.

Pelaksanaan sertijab berlangsung  tertib dan khidmat serta mengacu protokol kesehatan Covid-19. Berikut beberapa daftar pejabat TNI AD yang melaksanakan sertijab:

  1. Wakil KSAD dari Letjen Tatang Sulaiman kepada Mayjen Moch. Fachruddin.
  2. Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Danpuspomad) dari Mayjen Rudy Yulianto kepada Letjen Dodik Widjanarko.
  3. Asisten Intelijen (Asintel) KSAD dari Mayjen Widodo Iryansyah kepada Mayjen  Teguh Arif Indratmoko.
  4. Asisten Operasi (Asops) KSAD dari Mayjen Moch. Fachruddin kepada Mayjen  Surawahadi.
  5. Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAD dari Mayjen Hassanudin kepada Brigjen Hendrasto Joko Saksono.
  6. Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD dari Mayjen Surawahadi kepada Mayjen R. Wisnoe Prasetja Boedi.
  7. Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen R. Wisnoe Prasetja Boedi kepada Mayjen Widodo Iryansyah.
  8. Pangdam Iskandar Muda dari Mayjen Teguh Arif Indratmoko kepada Mayjen  Hassanudin.
  9. Komandan Puspenerbad dari Mayjen Stephanus Tri Mulyono kepada Mayjen Teguh Pudjo Rumekso.
  10. Komandan Secapaad dari Brigjen TNI Wahyudi kepada Brigjen Ignatius Yogo Priyono,
  11. Kepala Dispenad dari Brigjen Candra Wijaya kepada Kolonel Nefra Firdaus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement