Selasa 25 Feb 2020 12:59 WIB

Temui Jokowi, Korsel Minat Investasi di Ibu Kota Baru

Jokowi menyambut positif minta Korsel investasi di ibu kota baru.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan Cho Myung-rae di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/2). Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, ketertarikan Korea Selatan untuk berinvestasi di pembangunan ibu kota baru itupun disambut positif oleh Presiden Jokowi.

“Korea Selatan juga berminat di ibu kota baru dan bapak Presiden menyambut positif karena itu artinya ada peluang untuk bisa kerja sama,” ujar Suharso di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Baca Juga

Kendati demikian, Suharso menyebut rencana investasi Korea Selatan itu masih belum dibahas lebih lanjut. Ia mengatakan, Korea Selatan memiliki pengalaman dalam memindahkan pusat pemerintahan dengan konsep kota hijau dan berkelanjutan.

“Mereka mengatakan punya pengalaman di green city, pengalaman di sustainable city. Pak menteri sendiri itu juga punya pengalaman, latar belakang di bidang urban development. Ya mereka punya pengalaman (memindahkan pusat pemerintahan),” kata dia.

Selain itu, kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan ke Indonesia ini dilakukan untuk menghadiri acara Peluncuran Partnering for Green Growth and Global Goals (P4G) di Kantor Bappenas. Selanjutnya, Korsel pun mengundang kehadiran Presiden Jokowi di pertemuan kedua acara P4G itu.

“Kemudian yang ketiga memberitahukan Indonesia akan jadi tuan rumah untuk P4G pada tahun 2022,” ujar dia.

Acara P4G ini diinisiasi oleh dua negara, yakni Denmark dan Belanda untuk mempercepat pencapaian SDGs, khususnya di bidang pangan dan pertanian, air, energi, kota yang berkelanjutan, dan juga perputaran ekonomi.

“Beberapa negara dan 6 lembaga internasional dan beberapa NGO internasional bergabung dalam rangka percepatan SDGs. Indonesia jadi salah satu anggota dari 20 negara tersebut,” kata Suharso.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement