Senin 24 Feb 2020 03:42 WIB

Puan: Empat Pilar Kebangsaan Harus Diimplementasikan

Ketua DPR minta empat pilar kebangsaan tidak hanya disosialisasikan saja.

Ketua DPR RI Puan Maharani
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Ketua DPR RI Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani mengatakan empat Pilar Kebangsaan jangan hanya disosialisasikan saja. Namun, ia meminta semua pihak untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat Pilar Kebangsaan, dalam praktik kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

"Jangan hanya disosialisasikan, tetapi benar-benar menjadi praktik perilaku sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (24/2).

Baca Juga

Menurut Puan, praktik nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti menolong tetangga, bergotong royong, serta menghormati perbedaan suku dan agama. Puan juga meminta sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dilakukan secara kreatif dan menyasar semua kelompok masyarakat.

"Manfaatkan platform media sosial dan interaktif agar anak-anak muda memahami Empat Pilar Kebangsaan," ujarnya.

Puan secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang selalu menjaga Empat Pilar Kebangsaan sesuai dengan pesan dari almarhum Taufiq Kiemas. Sejarah tercetusnya Empat Pilar Kebangsaan diprakarsai Taufiq Kiemas yang merupakan Ketua MPR yang terpilih secara aklamasi pada tahun 2009.

Taufiq secara maraton melakukan berbagai rapat dengan ketua fraksi MPR untuk membuat sebuah program sosialisasi Undang-Undang Dasar (UUD) NRI Tahun 1945 dan juga Pancasila. Gagasan Empat Pilar Kebangsaan berawal, dibuat untuk menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan serta mengamalkan Pancasila.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement