Ahad 19 Jan 2020 16:07 WIB

Adian Napitupulu Ungkap CCTV di Kantor PDIP Saat KPK Datang

Lewat CCTV, Adian membantah ada keributan antara petugas PDIP dan tim KPK.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Teguh Firmansyah
Politikus PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI Adian Napitupulu saat diwawancarai wartawan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (19/1).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Politikus PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI Adian Napitupulu saat diwawancarai wartawan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (19/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu menampilkan potongan rekaman CCTV di kantor DPP PDIP ketika penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya melakukan penggeledahan pada Kamis (9/1) lalu. Berdasarkan cuplikan singkat itu, ia mengklaim, tak ada keributan di kantor partai berlambang banteng tersebut.

"Jadi tidak ada keributan saat penyelidik KPK berusaha menggeledah kantor DPP PDI,” ujar Adian sambil memperlihatkan rekaman CCTV tersebut kepada wartawan dalam diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (19/1).

Baca Juga

Adian mengungkapkan, rekaman CCTV diambil dari sudut yang memperlihatkan parkiran bawah di kantor DPP PDIP. Terlihat dalam video ada enam orang, di antaranya ada laki-laki mengenakan topi putih yang disebut Adian sebagai tim dari KPK dan laki-laki lain yang memakai kaus putih petugas keamanan kantor DPP PDIP.

"Dari posisi ini, hanya ada enam orang di lokasi. Dari posisi apakah terjadi keributan? tidak ada. Kertas yang dipegang oleh orang yang mengaku dari KPK," tutur Adian.

Menurut dia, ketika ada orang yang mendatangi kantornya, petugas dapat menanyakan latar belakang dan kepentingannya. Jika tamu mengaku dari KPK, petugas keamanan juga berhak menanyakan surat tugas atau surat perintah resmi.

"Dari video ini, dia pergi ketawa-ketawa aja. Pertanyaan saya pemberitaan tentang kehebohan keributan ada nggak dalam peristiwa ini? Nggak ada, lalu siapa yang mem-framing seolah-olah ada perdebatan panjang, ada perselisihan, dalam faktanya menurut CCTV tidak ada," kata Adian.

Ia justru meminta KPK mengklarifikasi pemberitaan yang menyebutkan ada keributan saat penyidiknya akan menggeledah kantor DPP PDIP. KPK harus menjelaskan situasi yang sebenarnya terjadi, jika ada fakta lain, KPK dapat menyertakan buktinya sendiri.

"Saya mau nanya KPK punya video nggak? Kalau ada bawa video KPK, bawa video kita, kita adu. Biar jelas dong, polemik-polemik yang tidak mendidik rakyat harus kita selesaikan," jelas Adian.

KPK dikabarkan sempat akan memasang garis segel di kantor DPP PDIP. Rencana penggeledahan kabarnya dilakukan terkait kasus dugaan suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan, yang kini sudah diberhentikan secara tidak hormat oleh Presiden Joko Widodo. Nam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement