Selasa 03 Dec 2019 17:00 WIB

Hadapi Musim Hujan, BPBD Kuningan Imbau Tebang Pohon Tua

Keberadaan pohon tua dinilai bisa membahayakan karena rawan tumbang.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Musim hujan rawan menyebabkan pohon tumbang. Foto pohon tumbang (ilustrasi).
Foto: Youtube
Musim hujan rawan menyebabkan pohon tumbang. Foto pohon tumbang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  KUNINGAN – Memasuki musim hujan, keberadaan pohon tua menjadi ancaman. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan mengimbau agar pohon-pohon tua ditebang untuk mengantisipasi tumbangnya pohon tersebut.

"Imbauan sudah kami sampaikan ke seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah) maupun masyarakat,’’ ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, kepada Republika.co.id, Selasa (3/12).

Baca Juga

Keberadaan pohon tua dinilai bisa membahayakan karena rawan tumbang. Apalagi, saat terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang.

Sebelumnya, pohon tua tumbang berukuran besar sebelumnya terjadi di Dusun Manis, RT 03 RW 01 Desa Cihideung Girang, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Senin (2/12) pukul 18.15 WIB. Meski tidak ada korban jiwa, namun tumbangnya pohon itu menutup jalan raya Ciawi-Cidahu.

"Pohon berjenis Angsana dengan tinggi 12 meter, medelin 180 cm itu roboh karena lapuk,’’ kata Agus.

Setelah menerima informasi itu, BPBD bersama bersama instansi terkait dan masyarakat setempat bekerja sama membersihkan pohon tumbang yang menutup jalan. Pada pukul 20.05 WIB, akses jalan sudah kembali bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement