Senin 21 Oct 2019 20:05 WIB

Depok Berikan Pendidikan Politik ke Ratusan Pemilih Pemula

Para peserta mendapatkan ilmu tentang prosedur memilih.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas KPU memberikan contoh cara mencoblos surat suara kepada pemilih pemula (ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas KPU memberikan contoh cara mencoblos surat suara kepada pemilih pemula (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok memberikan sosialisasi dan pendidikan politik kepada 100 siswa SMA Negeri (SMAN) 2 Depok. Kegiatan tersebut digagas demi mengajak para pemilih pemula memahami secara mendalam makna berdemokrasi dan bernegara.

Kepala Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar mengatakan, kegiatan itu sebagai bagian dari proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa. Sosialisasi ini merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 Tahun 2010, tentang fasilitasi pendidikan politik.

Baca Juga

"Diharapkan saat Pemilihan Umum (Pemilu) nanti, mereka tidak sekadar memberikan hak pilihnya. Namun juga memahami arti dari tanggung jawab memilih pemimpin," ujar Hakim, Senin (21/10).

Menurut Hakim, guna membangun kesadaran berpolitik, pihaknya mengundang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Depok sebagai pemateri. Para peserta mendapatkan ilmu tentang prosedur memilih, cara memastikan diri terdaftar di Data Pemilih Tetap (DPT), termasuk mengetahui latar belakang calon legislatif (caleg).

"Melalui kegiatan ini partisipasi pemilih bisa semakin meningkat. Termasuk kesadaran berpolitik juga, sehingga mereka tidak terbujuk memilih calon pemimpin hanya karena diberikan uang," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement