Rabu 14 Feb 2024 16:57 WIB

Pemilih Pemula di Lumajang Gratis Masuk Objek Wisata Usai Mencoblos

Masuk gratis objek wisata berlaku sehari saja.

Pengumuman gratis masuk objek wisata usai mencoblos di Lumajang.
Foto: Diskominfo Lumajang
Pengumuman gratis masuk objek wisata usai mencoblos di Lumajang.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Pemilih pemula di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, bisa gratis masuk ke beberapa objek wisata usai mencoblos atau menyalurkan hak pilihnya di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) saat pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

"Mereka pemilih pemula yang berusia 17-22 tahun berhak mendapatkan penghargaan berupa gratis masuk ke sejumlah obyek wisata di Lumajang," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang Mustaqim di kabupaten setempat.

Baca Juga

Menurutnya, keputusan tersebut diumumkan sebagai bentuk apresiasi dan dorongan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam proses demokrasi. "Syaratnya adalah menunjukkan identitas diri berupa KTP, dan bekas tinta di jari sebagai bukti partisipasi dalam Pemilu 2024," tuturnya.

Hal itu sesuai dengan arahan Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni bahwa pemilih pemula yang sudah mencoblos di Pemilu 2024 bisa gratis masuk sejumlah obyek wisata di Lumajang pada 14 Februari 2024 dan berlaku sehari saja.

Ia mengatakan beberapa objek wisata yang dapat dinikmati secara gratis yakni Selokambang, Waterpark, Puncak B-29, Ranu Klakah, Air Terjun Tumpak Sewu, Goa Tetes, Hutan Bambu, Tirtosari View, Sakura Garden (You & I Garden), Pemandian Tambo Raya, Pantai Watu Pecak, dan Pantai Wotgalih.

"Inisiatif itu bertujuan tidak hanya merayakan hak demokrasi, tetapi juga memberikan pengalaman positif kepada pemilih pemula tentang pentingnya keterlibatan mereka dalam proses pemilihan umum," katanya.

Dengan memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan obyek wisata setelah mencoblos, Mustaqim berharap hal itu semakin meningkatkan minat partisipasi pemuda dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 837.666 pemilih dengan rincian pemilih perempuan 427.559 orang dan pemilih laki-laki 410.107 orang yang tersebar di 21 kecamatan di Lumajang dengan jumlah 3.322 TPS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement