Rabu 14 Feb 2024 12:57 WIB

Pemilih Pemula Harapkan Kemudahan Loker dan Beasiswa

Pemilih pemula berharap Indonesia semakin maju.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pemilu.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Ilustrasi pemilu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Pemilu 2024 yang berlangsung hari ini, Rabu (14/2/2024) menjadi harapan bagi pemilih pemula. Salah satunya adalah Naila Zanuba (19) warga pemilih pemula di Taman Arcadia, Mediterania, RW 14 RT 2, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok. 

Naila berharap presiden dan wakil presiden baru yang terpilih nanti adalah orang yang mampu memperluas lapangan pekerjaan untuk generasi muda. Selain itu Naila yang masih berstatus mahasiswi di Institut Teknologi Surabaya (ITS) berharap pemerintah mempermudah generasi Z mengakses beasiswa pendidikan. 

Baca Juga

“Kami kami generasi muda, kami harap pemimpin ke depan memudahkan akses beasiswa dan kemudahan lapangan pekerjaan setelah lulus kuliah,” kata Naila, kepada Republika, usai mencoblos. 

Naila mengaku awalnya cukup canggung datang ke TPS. Apalagi TPS 033 Taman Arcadia, cukup ramai diliput wartawan lantaran di TPS tersebut juga tempat Wakil Presiden Ma’ruf Amin memilih. 

“Deg deg an sih awalnya. Terus kertas suaranya besar juga. Tapi alhamdulillah akhirnya punya pengalaman ikut nyoblos,” ucap Naila. 

Hal serupa juga diungkapkan pemilih pemula asal Jorong Gelanggang Tangah, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Gizza Saora (18//2/2024). 

Gizza menyebut ia terpaksa harus banyak bertanya kepada petugas KPPS mengenai teknis pencoblosan ager tidak salah pilih. Karena ada lima kertas yang harus ia coblos, yakni untuk Presiden Wakil Presiden, Caleg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Sumbar dan DPRD Kabupaten Tanah Datar.

Tapi setelah mencoblos, Gizza menyampaikan harapan agar pemimpin terpilih mampu memajukan sektor ekonomi Indonesia. Sehingga dengan begitu lapangan pekerjaan akan jadi lebih banyak terutama untuk generasi muda. 

“Harapannya agar pemerintah memperhatikan dunia pendidikan, banyak kasih beasiswa dan buka lapangan pekerjaan,” ucap Gizza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement