Rabu 16 Oct 2019 20:17 WIB

Depok Terima Bantuan Normalisasi Tiga Situ Senilai Rp 24 M

Ketiga situ itu adalah Situ Sawangan, Situ Rawa Besar dan Situ Pladen.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Warga mencuci pakaian menggunakan air di situ (ilustrasi)
Foto: Antara/Novrian Arbi
Warga mencuci pakaian menggunakan air di situ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Untuk membantu merawat dan menormalisasi situ-situ agar dapat mengantisipasi banjir di Jakarta, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menormalisasi tiga setu sebesar Rp 24 miliar. "Ada tiga situ yang dinormalisasi dan direvitalisasi oleh DKI Jakarta yakni Situ Sawangan, Situ Rawa Besar dan Situ Pladen. Staemua air situ ini mengalir ke Jakarta," ujar Kepala Dinas PUPR Depok Dadan Rustandi di Balai Kota Depok, Rabu (16/10).

 

Baca Juga

Menurut Dadan, bantuan ini sebagai langkah penanganan banjir di wilayah Jakarta. Sebab, air hujan dan kiriman dari Bogor bisa ditampung terlebih dahulu di situ-situ yang ada di Kota Depok.

 

Anggaran yang diberikan Pemprov DKI Jakarta yakni untuk Situ Rawa Besar mendapat dana sebesar Rp 9, 3 miliar. "Dana ini diperuntukan untuk penurapan dan jogging trak sebesar Rp 2,6 miliar dan normalisai Rp 7, 1 miliar," jelas Dadan.

"Situ Sawangan mendapat dana Rp 13, 8 miliar dengan rincian untuk normalisasi Rp 10, miliar dan penurapa serta jogging trak area situ sebesar Rp 3 miliar. Setu Pladen dilakukan penataan area situ sebesar Rp 1, 9 miliar seperti penurapan, jogging trak dan saluran," ungkap Dadan.

Saat ini, Situ Rawa Besar di wilayah Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok terlihat sudah mulai dikerjaan revitalisasi dan normalisasi situ. "Sudah dikerjakan," ucap Dadan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement