Ahad 13 Oct 2019 22:13 WIB

Yogyakarta Pasang Lampu Tenaga Surya di 600 Titik

Pemasangan dilakukan di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo.

Lampu jalan, ilustrasi
Lampu jalan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Direktorat Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2019 memasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya sebanyak 600 titik di beberapa kabupaten se-Daerah Istimewa Yogyakarta. PJU-TS (Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya) tersebut merupakan usulan pemerintah daerah

"Ini juga hasil inisiasi anggota DPR RI dari DIY, Gandung Pardiman," kata Sekretaris Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo disela meresmikan PJU-TS di Embung Merdeka, Desa Sumbermulyo, Kabupaten Bantul, DIY, Ahad (13/10).

Baca Juga

Menurut dia, untuk wilayah DIY, lampu jalan dengan memanfaatkan energi baru terbarukan di sebanyak 600 titik tersebut tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bantul sebanyak 205 titik, Kabupaten Kulon Progo 55 titik dan Kabupaten Gunung Kidul sebanyak 340 titik. Sedangkan total PJU-TS yang dipasang kementeriannya pada tahun ini totalnya sebanyak 22.550 titik yang tersebesar di 25 provinsi se-Indonesia.

Antonius mengatakan, program pemasangan PJU-TS itu merupakan program yang telah dianggarkan oleh pemerintah pusat melalui APBN 2019. Pemanfaatannya bisa langsung menyentuh lapisan masyarakat kelas menengah ke bawah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement