Senin 26 Aug 2019 16:10 WIB

Depok akan Terus Upayakan Pemenuhan Hak Lansia

Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan lansia.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Warga lanjut usia mengikuti senam lansia. (ilustrasi)
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Warga lanjut usia mengikuti senam lansia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mengadakan kegiatan Sinergi Depok Ramah Lansia Tahun 2019 yang melibatkan Perangkat Daerah dan organisasi lansia se-Kota Depok di Aula Teratai Gedung Setda Kota Depok, Senin (26/8). Acara dibuka secara resmi Wali Kota Depok Mohammad Idris.

"Kami akan terus mengupayakan pemenuhan hak-hak warga lanjut usia (lansia) di Kota Depok. Salah satunya dengan melakukan sinergi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait serta komunitas lansia yang ada di Kota Depok," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, sinergi terus dilakukan untuk pengoptimalan kegiatan yang berkaitan dengan lansia. Terlebih, penyelenggaraan Kota Ramah Lansia telah tertuang dalam Peraturan Wali Kota Depok Nomor 83 Tahun 2018.

"Sinergi ini agar ke depan penyelenggaraan Kota Ramah Lansia lebih optimal. Sinergi kami gelar selama tiga hari. Hari pertama dengan para organisasi lansia, lalu hari kedua dengan Pokja Lansia dan perwakilan PD baik dinas maupun kecamatan," jelasnya.

Usman menjelaskan, dalam sinergi ini pula akan dilakukan sosialisasi Perwal Ramah Lansia. Sehingga para lansia mengetahui pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan lansia. "Jadi, lansia itu memiliki hak dan kewajiban. Pemerintah kini mulai berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan lansia, baik dari sisi pelayanan dan juga fasilitas," terangnya.

Usman menambahkan, para organisasi lansia juga mendapatkan dana hibah dari Pemkot Depok. Termasuk, mendapatkan pelayanan khusus. Sehingga, para lansia nantinya dapat lebih produktif, meskipun di usianya yang sudah tidak muda lagi.

"Lima persen dari total penduduk di Kota Depok adalah lansia. Meskipun, jumlah lansia di Kota Depok masih terbilang sedikit, tetapi kami terus berupaya menciptakan sarana prasarana bagi lansia. Sampai nanti terwujudnya Kota Ramah Lansia pada 2020," jelas Usman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement